Mengurangi Kategori Dari WordPress

Hari ini saya mengurangi jumlah Kategori dalam blog ini. Dengan jumlah Kategori yang lebih sedikit, harapannya pembagian jenis konten dari blog ini menjadi lebih jelas.

Jumlah Kategori yang optimal sekira 3 hingga 10 buah. Lebih dari 10 tentu berlebihan. Lagipula berapa sering blogging hingga jumlah kategorinya mencapai belasan hingga puluhan. Oleh karena itu saya mengurangi jumlah Kategori hingga menjadi 10. Tidak lebih dari itu.

Ada tiga kesalahan yang saya buat sehingga Kategori blog ini menjadi terlalu banyak.

Pertama karena awal-awal mulai ngeblog saya kurang paham bedanya Kategori dengan Tag. Alhasil saya pun memiliki duplikasi dalam Kategori dan Tag.

Serakah adalah faktor kedua. Oleh karena blog ini menampung segala macam opini dan pikiran saya, tergoda ingin menambah Kategori baru. Seperti laiknya sebuah majalah atau koran, ingin menambah rubrik baru. Yang akhirnya terlantar atau terpulakan.

Yang menjadi faktor ketiga adalah salah menggunakan fitur Kategori dan Tag ketika ngeblog menggunakan Blogo, salah satu blogging client. Yang saya pikir Tag ternyata Kategori sehingga jumlah Kategori melonjak naik; bukannya Tag.

Oleh karena itu sekarang hanya ada 10 Kategori dalam blog ini. Dengan begitu saya bisa menuliskan banyak hal dengan lebih tertata. Semoga.

Tinggalkan Balasan

