Tram di Praha

Praha, ibukota Republik Ceko, merupakan kota yang memiliki transportasi publik yang unik dan menarik. Yaitu tram.

Tram di Praha sudah mulai beroperasi sejak tahun 1875. Tentu bukan tram elektrik. Tapi tram yang ditarik dengan beberapa ekor kuda sekaligus.

Semenjak itu teknologi tram di kota itu meningkat. Menjadi lebih baik dan lebih cepat. Dengan adanya tram, mobilitas sehari-hari menjadi lebih teratur. Imbasnya adalah berkurangnya jumlah kendaraan bermotor, baik mobil atau sepeda motor, di badan jalan.

Selain menjadi moda transportasi sehari-hari, tram bisa dimanfaatkan sebagai atraksi turisme. Turis lebih suka menjelajahi sebuah kota bila transportasinya mudah dan murah. Dengan begitu, turis akan lebih betah tinggal di kota tersebut.

Lalu terlintas dengan wacana yang telah dilupakan banyak orang. Wacana untuk membangun sistem tram di Yogyakarta. Tram bisa mengurangi kemacetan jalan di kota ini karena orang-orang akan beralih memakai tram ketimbang kendaraan pribadi.

Membangun sistem tram tentu tak murah. Investasi awal dan biaya pemeliharaannya membutuhkan dana yang besar. Disamping harus menertibkan banyak ruas jalan dan memperbaiki infrastruktur jalan yang akan dilewati oleh tram.

Namun bila wacana berakhir menjadi terlupakan, sepertinya Yogyakarta akan berubah menjadi seperti kota-kota lainnya di tanah air. Jalanan macet karena penuh dengan mobil dan sepeda motor yang jumlahnya makin bertambah. Polusi dan panas yang tak tertahankan. Menjadi kota yang tak lagi ramah terhadap penduduk dan pengunjung. Tak akan lagi unik dan menarik.

Tapi daripada berandai-andai, lebih baik silakan melihat seperti apa jalanan Praha yang dilalui oleh tram dengan dominasi warna putih dan merah melalui video di bawah ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s