Wacana Lokalisasi di Ibu Kota

Lontaran ide untuk membangun lokalisasi di Jakarta mendapat tentangan yang sangat keras dari banyak pihak. Padahal hanya sebatas wacana sampai saat ini.

Mungkin saja beberapa pihak tidak setuju karena alasan yang fundamental seperti halnya menjaga ibu kota tetap bersih dari bisnis esek-esek tersebut. Bisa juga ada pihak-pihak yang asal tak sepakat hanya karena memang tak suka dengan gubernur saat ini.

Terdengar ironis memang ketika ada wacana untuk membangun daerah lampu merah di Jakarta sementara Surabaya berhasil menutup lokalisasi yang katanya terbesar di Asia Tenggara.

Namun tidak dipungkiri tanpa adanya lokalisasi berarti geliat industri esek-esek ini tersebar luas di banyak tempat. Sudah bukan rahasia lagi bahwa aktivitas prostitusi marak di berbagai pusat hiburan, lembaga pendidikan tinggi, pusat perbelanjaan hingga kawasan kos-kosan.

Di lain sisi, bila pemerintah daerah jadi membangun lokalisasi bukan berarti prostitusi yang sudah membaur dan beroperasi secara tersamar di berbagai lokasi di Jakarta menjadi berkurang. Sudah terlambat. Terbukti tanpa adanya lokalisasi, geliat prostitusi tak hanya bertahan tapi justru berkembang pesat.

Selain itu tentu akan ada penolakan di area yang akan menjadi wilayah lokalisasi. Siapa yang mau bila daerahnya menjadi lokasi lampu merah. Padahal semua tempat di Jakarta sudah menjadi tempat dengan tingkat kepadatan penduduk yang tinggi.

Menghapus area lokalisasi merupakan tantangan yang besar bagi setiap pemerintah daerah. Namun tak sebesar tantangan membangun area lampu merah. Sebuah usaha yang sepertinya mustahil karena merupakan rencana pembangunan yang tidak populer; yang hanya akan mendapatkan tentangan dan bisa jadi menurunkan dukungan masyarakat ke pemerintah daerah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s