Bangkai Tikus di Jalanan

Ada rasa heran yang muncul mengapa masih saja saya dapati bangkai tikus di jalan umum. Selain mengotori badan jalan dengan pemandangan yang menjijikkan, bangkai tikus yang terlindas berkali-kali oleh ban berbagai kendaraan yang melintas bisa menyebarkan penyakit. Bangkai tikus yang mati atau terkena jebakan tikus bisa dikuburkan di tanah.

Orang-orang yang membuang bangkai tikus di jalanan merupakan orang yang tidak peduli dengan kesehatan lingkungan sekitar. Mungkin pikir mereka bangkai tikus akan lenyap sedikit demi sedikit terlindas dan terbawa oleh ban kendaraan yang melintasi. Tapi jelas tindakan itu tidak bertanggungjawab. Membuang bangkai tikus di jalanan itu sebuah jalan pintas. Membuang ‘masalah’ domestik ke tempat publik.

Namun adanya bangkai tikus di jalan umum juga memperlihatkan kontrol masyarakat yang kurang baik. Tak peduli dengan masalah yang terjadi berulangkali tersebut. Mungkin dipikir-pikir dalam hitungan hari bangkai tikus akan lenyap sendiri. Jadi tak perlu diurus lagi.

Terlepas dari kebersihan lingkungan, ada poin satu lagi bahwa bangkai tikus — yang dianggap menjijikkan — bagaimana pun pernah menjadi makhluk hidup. Menguburnya di tanah paling tidak menjadi bentuk rasa sopan terhadap binatang. Keji bukan bila membuangnya di jalanan beraspal hingga bagian tubuhnya tercerai-berai terlindas ban kendaraan. Sungguh perlakuan yang lebih menjijikkan ketimbang bangkai tikus itu sendiri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s