Ujian Nasional 2015

Sekilas saya mendengar tentang pelaksanaan ujian nasional yang baru-baru ini diselenggarakan. Menteri Pendidikannya sudah berganti dengan menteri yang baru. Ada perubahan yang signifikan. Ujian Nasional menjadi alat untuk memetakan kualitas siswa. Tak lagi menjadi satu-satunya penentu kelulusan siswa.

Implementasi ujian nasional tak seratus persen berjalan dengan sempurna. Hajatan nasional seperti ini melibatkan jutaan orang, mulai dari pembuat soal, guru pengawas hingga siswa yang melaksanakan ujian. Oleh karena itu seketat-ketatnya pelaksanaannya pasti akan ada kecurangan dan kebocoran yang terjadi. Hanya saja jumlah insidennya dikabarkan bisa ditekan sehingga lebih baik daripada tahun-tahun sebelumnya.

Salah satu yang cukup diapresiasi adalah dimulainya penyelenggaraan ujian nasional dengan menggunakan komputer. Hanya ada sebagian kecil sekolah yang mampu melakukannya sedangkan sebagian besar lainnya masih memakai cara konvensional seperti tahun-tahun sebelumnya. Dalam pelaksanaannya, didapati masih ada beberapa sekolah yang tergagap melaksanakan ujian nasional yang terkomputasi karena belum terbiasa, memliki fasilitas komputasi yang terbatas dan sumber daya yang kurang memadai. Harapannya di tahun-tahun mendatang, pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer bisa lebih baik.

Sepertinya keputusan dan pelaksanaan ujian nasional kali ini lebih baik daripada ujian nasional sebelumnya. Sudah cukup tepat bila ujian nasional tak menjadi penentu keberhasilan satu-satunya bagi siswa. Kini hasil ujian nasional bisa menjadi indikasi kemampuan siswa yang berguna untuk masuk ke sekolah di jenjang berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s