Alat dan Penggunanya

“Pakailah alat yang tepat untuk meraih hasil yang maksimal.” Demikian kata orang bijak. Ada benarnya. Menggali tanah dengan cangkul. Menebang pohon dengan kapak. Memanen padi dengan sabit.

Oleh karena itu memilih dan menggunakan alat yang tepat wajib diperlukan.

Namun ada satu hal lagi yang perlu diperhatikan oleh pengguna alat tersebut. Yaitu kemampuan menggunakan alat yang dipakai.

Orang banyak bilang bahwa menggunakan cangkul untuk menggali tanah itu mudah. Nyatanya tak semua orang bisa mencangkul dengan efisien dengan hasil yang maksimal. Salah-salah malah cangkulnya menjadi rusak atau kaki sendiri terluka karenanya.

Sebab itu mempelajari menggunakan alat yang dipakai tidak boleh diabaikan. Waktu yang digunakan untuk belajar menggunakannya dengan sempurna bisa makan waktu berhari-hari hingga tahunan tergantung alatnya.

Kita tak perlu membicarakan alat-alat yang canggih. Alat sederhana pun mewajibkan penggunanya bisa mengoperasikannya dengan benar. Tentunya makin kompleks alatnya makin besar pula tuntutan untuk bisa menggunakannya dengan sangat baik.

Pilot memerlukan jam terbang yang mencukupi guna menerbangkan pesawat komersial dengan aman. Tentara berlatih menembak supaya bisa membidik senapa dengan akurat. Pemain piano memainkan satu lagu berpuluh-puluh kali untuk menghasilkan lantunan nada yang harmonis untuk dipersembahkan kepada pendengarnya.

Untuk saya sendiri, saya masih belajar untuk menggunakan laptop yang saya pakai untuk pekerjaan saya. Masih banyak pernik-pernik atau teknik yang belum saya ketahui. Makin banyak saya temukan hal-hal yang baru, makin mahir pula saya menggunakan laptop. Dengan begitu saya bisa bekerja dengan laptop ini dengan lebih cepat dan lebih efisien.

Bagaimana dengan Anda sendiri, alat apa yang dipakai untuk membantu pekerjaan Anda?

Tinggalkan Balasan

