Letterspace dan Desk.pm

Suka menulis dan blogging. Dua aktivitas tersebut merupakan hobi saya yang saling melengkapi satu sama lain. Kegiatan yang masih dalam satu rumpun yaitu tulis-menulis kalau ngeblog dianggap sebagai bagian dari menulis.

Ketika ada ide muncul atau pemikiran yang terlintas, inginnya langsung mengetikkannya di laptop Mac saya. Jaman dulu biasanya saya mengakses blog di WordPress untuk menuliskan postingan secara online. Ternyata cara seperti ini boros waktu dan tidak praktis.

Kemudian saya akali dengan menulis tulisan di laptop dengan aplikasi Apple Notes atau Evernote. Saat sedang online baru mengunggah postingan ke WordPress. Menghemat waktu dan bandwidth. Rasa-rasanya kurang mantab. Ada sesuatu yang tidak mengganjal karena tetap harus mengakses WordPress melalui internet browser.

Berbeda dengan saat ini. Sudah saya temukan kombinasi yang lebih asyik. Memakai Letterspace, aplikasi untuk menuliskan apa saja dengan cepat dengan tampilan yang sederhana tapi nyaman di mata, untuk menuangkan kata-kata. Saat online barulah salin dan tempel postingan dari Letterspace ke Desk.pm, aplikasi untuk blogging sehingga bisa mengelola dan menggunggah postingan lebih cepat dan lebih efektif. Memang bisa corat-coret langsung dengan Desk.pm tetapi lebih nyaman melakukannya dengan Letterspace.

Menurut saya lebih baik bila menulis dilakukan tanpa harus terkoneksi ke internet secara terus-menerus. Offline membuat proses menulis terfokus. Bila modenya online justru memberikan terdistraksi sehingga ‘mengganggu’ saya menulis dan blogging.

Masing-masing orang tentu memiliki pendekatan dan pemakaian alat pembantu yang berbeda. Sesuai dengan gaya dan kebutuhan tiap-tiap individu.

Namun bila boleh merekomendasikan, Letterspace dan Desk.pm merupakan aplikasi yang sederhana yang powerful. Letterspace gratis sedangkan Desk.pm merupakan aplikasi berbayar.

Silakan dicoba bila suka. Mungkin di masa yang akan datang, akan ada aplikasi lainnya yang lebih asyik dan canggih. Yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan selera yang bisa berubah.

https://programmerbird.com/letterspace/
http://desk.pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s