Menegakkan Hukum

Hukum dibuat dan berlaku di tanah air. Salah satu hukum tersebut terkait dengan hukuman untuk penyebar narkoba.

Terlepas dari proses hukumnya, sebuah hukuman yang disahkan oleh undang-undang harus dilaksanakan. Bila alpa atau ragu-ragu melaksanakannya, pemerintah akan dianggap tak berdaya. Tak mampu menegakkan hukum.

Bila masyarakat di dalam negeri dan di luar negeri menangkap isyarat bahwa pemerintah tak mampu melaksanakan eksekusi, jatuh kepercayaan terhadap legitimasi pemerintahan.

Yang senang tentu adalah para penyebar narkoba. Besok-besok lagi kalau tertangkap pastilah tak akan dihukum mati. Pemerintah tak berani melakukan eksekusi.

Beda ketika pemerintah mampu mengeksekusi hukuman seperti yang sudah diputuskannya. Negara lain akan memberikan respek kepada Bangsa Indonesia. Bahwa bangsa ini, yang dijalankan oleh pemerintahan yang terkini, mampu melakukan keputusan dan tindakan yang tak populer untuk melakukan eksekusi hukuman mati.

Coba tengok negara tetangga di sebelah Utara Pulau Batam, Singapura. Hukuman bagi orang yang membawa masuk dan mengedarkan narkoba ke negara pulau yang luasnya tak seberapa itu sudah jelas. Hukuman mati dengan cara digantung. Pemerintahan mereka tegas sejak dulu. Siapa saja, terlepas dari asal negara mereka, pasti langsung digantung mati ketika terbukti bersalah membawa narkoba.

Apakah ada negara yang protes bila warga negaranya digantung di Singapura? Selalu dan pasti ada. Tapi tak berkutik karena memang begitulah hukum yang berlaku di negara jiran itu.

Salut bila pemerintahan negara yang sekarang ini mampu mengeksekusi pelaku narkoba. Bila secara konsisten bisa melaksanakannya, pesan yang tersampaikan secara internasional menjadi lebih jelas. Yaitu tidak ada tawar-menawar bahwa mereka yang membawa dan mengedarkan narkoba di tanah air jelas akan mendapat hukuman mati. Ditembak oleh sepasukan penembak. Sudah harga mati.

Dengan cara seperti itu, penyebaran dan pemakaian narkoba di negara ini bisa dikurangi secara signifikan. Cara yang efektif untuk mengurangi jumlah generasi muda Indonesia yang bertumbangan karena kecanduan narkoba dan tewas karena overdosis.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s