Mercon dan Bulan Puasa

Sungguh tak habis pikir mengapa suara bising dan mengagetkan mercon selalu saja menghiasi hari-hari di Bulan Puasa. Mengapa?

Apakah mercon memang ada karena konspirasi antara setan dan manusia (terutama anak-anak kecil) yang mudah tergoda untuk menguji kesabaran mereka yang menjalankan ibadah puasa? Mungkin setiap kali ada orang yang berpuasa akhirnya mengumpat ketika ada suara letusan mercon berarti satu poin kemenangan untuk para syaiton? Mungkin saja.

Mungkin ada teori lainnya. Mercon ada karena anak-anak tak memiliki kegiatan lain setelah mereka mengudap makanan saat Sahur. Berbeda dengan saat Buka di sore hari yang disambung dengan kegiatan Tarawih di berbagai Masjid sehingga tak ada kesempatan untuk membunyikan mercon yang selalu sukses bikin kaget.

Bagaimana pula bila para penjual dan pengedar mercon memang sengaja membuat momen puasa untuk menggenjot omzet penjualan mercon? Kurang untung bila hanya bisa jualan mercon saat pergantian tahun tiba. Lebih untung bila mercon juga bisa dijual ketika bulan puasa tiba; yang mana berlangsung selama satu bulan dan tak hanya sehari dua. Coba saja tanyakan para penjual mercon. Pastilah omzet mereka jauh berlipat ketika bulan puasa ketimbang saat tahun baru. Tak percaya?

Entah apa korelasi sebenarnya dari mercon dan bulan puasa. Yang pasti bulan puasa identik dengan suara-suara keras yang terdengar di sana-sini karena ada saja yang menyalakan mercon. Sangat disayangkan, bukan? Bulan puasa harusnya hanya identik dengan suara dakwah yang mendamaikan hati. Bukan suara letusan mercon yang membahana dan terdengar tiba-tiba.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s