Pindah Profesi dan Pindah Lokasi

Setiap insan manusia memiliki hak untuk berganti profesi. Begitu juga untuk merelokasi kehidupannya di kota, pulau hingga negara yang lain. Alasan untuk berpindah profesi dan lokasi biasanya berkorelasi dengan peningkatan kualitas kehidupan. Mendapatkan pekerjaan atau pendapatan yang berbeda dari biasanya di tempat rantau yang lebih menjanjikan.

Sayangnya tak semua individu berani, mampu dan mau untuk berpindah profesi atau berpindah lokasi. Mungkin ada zona nyaman yang membuat seorang individu tetap menggeluti profesi yang sama di kota yang sama selama bertahun-tahun atau hingga masa pensiun.

Apalagi bila usia seorang insan manusia sudah mencapai di atas kepala tiga yang membuatnya tak merasa aman dan nyaman untuk berpindah profesi dan berpindah lokasi. Cari amannya. Mungkin begitu pola pikirnya. Belum lagi bila seseorang tersebut menghidupi banyak jiwa dan menjadi tulang punggung satu-satunya. Apa daya?

Padahal dalam hidup ini bila seseorang sudah memiliki niat, semangat dan mau bekerja dengan giat bisa jadi pindah profesi dan pindah lokasi memberikannya pengalaman yang lebih bernilai, kesempatan yang lebih baik dan pendapatan yang jauh lebih besar.

Tapi tak semua orang merasa mampu dan mau untuk mengambil keputusan besar dalam hidupnya untuk pindah profesi dan pindah lokasi. Ada ketakutan dan kecemasan yang lebih tinggi dari rasa optimis dan keberanian. Apa boleh buat?

Toh masing-masing insan manusia memiliki hak yang sama untuk memperoleh kehidupan yang lebih baik dan lebih layak. Terserah apakah hak tersebut mau dipakai atau tidak.

Oleh karena itu wajar bila hanya sedikit orang yang bisa sukses mencapai impiannya karena mereka berani untuk pindah profesi dan pindah lokasi. Gagal merupakan bagian dari kehidupan. Namun sukses juga bagian dari kehidupan mereka; yang umumnya tak berhasil dicapai oleh orang-orang yang nyaman dengan comfort zone meskipun stagnan dengan profesi dan lokasi yang itu-itu saja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s