Rumah Kosong Terbengkelai

Saat keliling-keliling di dekat rumah, saya baru menyadari bahwa ada beberapa rumah kosong yang berada di lokasi yang strategis dalam kondisi yang mengenaskan.

Rumah-rumah kosong yang terbengkelai tersebut karena tak lagi dihuni. Ada yang dalam bentuk rumah yang bagus tapi tak ditinggali orang dalam jangka waktu lama. Pun ada rumah yang setengah jadi tapi tak dilanjutkan pembangunannya sehingga tak laik huni.

Saya hanya bisa membatin. Mungkin rumah-rumah tersebut bermasalah. Entah tak bisa membayar biaya pembangunan sehingga mangkrak. Bisa pula karena disita dan dijual pun susah sehingga kosong tanpa ada yang peduli lagi.

Padahal di saat yang sama, ada banyak orang yang mengidamkan untuk tinggal di rumah yang layak dengan lokasi yang strategis. Begitu juga orang-orang yang ingin menyewa rumah untuk keluarga mereka.

Tapi apa boleh buat. Menyelesaikan pembangunan rumah dan merawat kondisi sebuah rumah sehingga bisa laik ditinggali memang tak murah. Ujung-ujungnya memang duit.

Dalam hati hanya bisa kembali membatin. Kalau ada uang yang cukup, inginnya membeli rumah-rumah yang terbengkalai tersebut. Kemudian merenovasinya. Sesudah itu rumah-rumah yang akhirnya dalam kondisi baik bisa ditinggali sendiri atau disewakan ke orang lain yang membutuhkan tempat tinggal.

Hanya ada satu hal yang mengganjal. Kalau rumah-rumah tersebut ada dalam kondisi kosong yang lama, bagaimana ya kalau sudah ditempati oleh penghuni yang tak kasat mata. Hantu maksudnya. Yang tentu akan merasa terganggu bila manusia menempati ‘tempat tinggal’ yang sudah mereka tempati sejak dulu.

Nah, lho?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s