Seni Merapikan dari Marie Kondo

Berbicara tentang rumah yang rapi, biasanya banyak orang langsung berpikir tentang orang Jepang. Kenapa?

Orang Jepang terkenal memiliki rumah dan kamar yang berukuran sangat kecil. Hal ini disebabkan karena keterbatasan lahan dan mahalnya harga properti di sana. Dengan batasan seperti itu, orang Jepang mau tidak mau harus mengurangi dan menata sedemikian rupa sehingga barang-barang mereka bisa muat di tempat tinggal mereka.

Namun ada satu orang yang menjadi perhatian banyak orang terkait menata barang yaitu Marie Kondo. Sejak kecil Marie gemar merapikan segala sesuatu yang dimilikinya. Kebiasaannya itu makin berkembang saat Marie bekerja di Kuil Shinto yang serba minimalis dan rapi.

Alhasil setelah bertahun-tahun menata sekian banyak barang, Marie Kondo menemukan metode menata yang disebut sebagai KonMari Method. Marie menuliskannya di buku berjudul the life-changing magic of tidying up; yang sukses menjadi buku best-seller.

Inti dari metodenya adalah menyimpan barang yang memberikan rasa bahagia. Sedangkan barang yang membosankan, tidak dibutuhkan dan tidak menimbulkan rasa senang didonasikan atau dibuang. Uniknya, setiap kali menemukan barang yang tidak dibutuhkan lagi, Marie akan memegang barang tersebut dan mengucapkan terima kasih terhadap barang tersebut.

Setelah terkumpul semua barang yang akan dipakai dan disimpan, barulah Marie menyusunnya berdasarkan kategori. Marie menyarankan supaya barang-barang tersebut dimasukkan dalam kotak-kotak sehingga mudah untuk ditemukan dan dipakai.

Sesederhana itu?

Harusnya sesederhana itu. Namun banyak orang sulit untuk menerapkannya karena sudah terbiasa untuk mengumpulkan dan menyimpan barang selama bertahun-tahun. Terutama dengan adanya perilaku konsumerisme yang membuat orang membeli lebih banyak barang ketimbang yang diperlukannya dalam kehidupan sehari-hari.

Tapi belum terlambat untuk memulai. Dengan melakukan apa yang disarankan oleh Marie dan menerapkan metode KonMari, setiap orang pasti bisa menata kamar, rumah, kubikel kerja dan ruangan apapun juga.

Ingin tahu seperti apa Marie Kondo dan tekniknya? Silakan lihat video di bawah ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s