Menulis Disertasi Memang Tidak Mudah

Menghasilkan skripsi dan disertasi merupakan bagian dari proses pendidikan tinggi. Disertasi ada karena adanya penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa.

Banyak mahasiswa yang merasa bahwa menulis disertasi merupakan proses yang berat. Mengusai subyek dan metode penelitian hanyalah salah satu bagian dari penulisan disertasi. Proses berikutnya adalah menuliskannya secara ilmiah, bisa dipertanggungjawabkan dan mampu dipahami oleh pembaca disertasi tersebut.

Salah satu penyebab menuliskan disertasi menjadi tidak mudah adalah penggunaan bahasa lisan yang berlebihan. Padahal sebagai produk karya ilmiah, bahasa tulis jelas berbeda dengan bahasa lisan. Menjelaskan sebuah disertasi dengan bahasa tutur jelas menjadikan penuturannya menjadi sulit dipahami. Bahasa tutur mudah dipahami bila disajikan dalam konteks. Sedangkan bahasa tulis mensyaratkan penulis disertasinya menjelaskan segala yang dituliskannya secara lugas, informatif dan efektif.

Untuk saat ini pendidikan nasional di tanah air memang kurang menekankan aspek tulis-menulis. Lemahnya kemampuan menulis menjadikan proses menulis disertasi sangat berat.

Bila mahasiswa sudah lebih terbiasa untuk menulis, mereka akan lebih mudah menghasilkan disertasi dengan kualitas yang lebih baik. Dan lebih mudah dipahami oleh pembaca disertasi tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s