Film Berjudul Focus

Orang bijak berkata bahwa orang yang bisa sungguh-sungguh memfokuskan dirinya terhadap satu pekerjaan atau hal yang dikerjakannya akan memperoleh kesuksesan.

Saya setuju. Banyak orang lainnya juga mengamini. Kemampuan berfokus pada satu hal memang penting dalam mencapai sesuatu.

Namun tidak semua orang bisa berfokus pada satu hal dalam jangka waktu yang lama atau hingga tujuannya tercapai. Tidak bisa konsentrasi, tingkat motivasi yang rendah dan mudah terdistraksi membuat orang tidak bisa fokus.

Beberapa hari ini saya belajar tentang fokus dari dua hal yang berbeda.

Pertama dari media jejaring sosial saya dapati seseorang yang saya kenal karirnya berkembang pesat karena dia berfokus pada satu kemampuannya selama bertahun-tahun. Tidak pernah berhenti belajar meningkatkan kemampuan itu meskipun usianya terus bertambah. Meskipun dia sepertinya mengarjakan hal yang sama setiap harinya tetapi dia bisa berganti-ganti tempat bekerja; dari perusahaan yang kecil hingga perusahaan multinasional.

Kedua dari sebuah film berjudul Focus. Pemerannya William dan Maggie Robert. Keduanya sama-sama pencuri yang ahli menggunakan metode pengalihan fokus. Dengan metode tersebut dan bekerja bersama-sama, mereka mampu memperdaya korban yang menjadi target operasi mereka. Sayangnya ketika mereka kehilangan fokus, operasi mereka pun hampir menemui kegagalan.

Lalu saya mencoba merefleksikan kehidupan saya sendiri. Ternyata saya beberapa saat ini tidak memiliki daya fokus yang tinggi. Mudah terdistraksi. Berbeda dengan beberapa tahun yang lalu di mana saya mampu mencapai banyak hal karena memiliki tingkat fokus yang tinggi. Dengan memiliki fokus, saya bisa melakukan sesuatu dengan sangat intensif dan akhirnya membuahkan hasil yang dicita-citakan sebelumnya.

Fokus. Hanya dengan berfokus dengan lebih baik dan lebih lama, seorang insan manusia bisa mencapai hasil yang lebih baik dari dirinya yang dulu atau orang lain di sekitarnya. Fokus bisa dipelajari dan bisa diperkuat kemampuannya. Tak ada alasan seseorang tak bisa memfokuskan dirinya.

Tinggalkan Balasan

