Merdeka

Tujuh Belas Agustus. Hari Kemerdekaan untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Bendera merah putih berkibar di mana-mana. Lagu kebangsaan meriah diputar dan dinyanyikan di banyak bangunan dan lapangan. Media massa online dan offline menuliskan tentang laporan mata, opini dan acara-acara terkait dengan perayaan hari merdeka.

Menjadi negara yang merdeka, dalam artian tidak dijajah oleh negara lain secara fisik dan militer, tak cukup membuat warga negara lantas puas. Masih ada banyak hal yang harus dilakukan sehingga lebih banyak rakyat yang merdeka dalam hal mengenyam pendidikan, mendapatkan penghidupan yang layak, memperoleh pendapatan yang memadai dan memiliki kesempatan untuk berbuat banyak hal bagi dirinya sendiri.

Satu hal yang bisa disyukuri oleh segenap bangsa Indonesia adalah adanya kondisi relatif aman dan nyaman dalam berdemokrasi di negara ini. Coba lihat negara-negara di belahan dunia yang lain. Ada banyak negara yang rakyatnya tidak merdeka karena terjajah oleh negara tetangganya. Ada negara-negara yang saling berperang satu sama lain.

Semoga perayaan kemerdekaan hari ini membuat kita semua bisa lebih menghormati harga mahal yang pernah diberikan para pahlawan untuk sebuah kemerdekaan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s