Penipuan Lewat Telepon

Ternyata penipuan lewat percakapan telepon masih saja terjadi. Makin banyak yang mendapatkan telepon-telepon berujung penipuan uang atau pulsa. Di sini lain, makin maraknya penipuan semacam itu terjadi, makin banyak orang yang sekarang lebih berhati-hati sewaktu menerima panggilan dari orang asing atau nomer tak dikenal.

Sayangnya meskipun makin banyak orang yang waspada, para penipu via telepon mengeluarkan jurus-jurus terbaru yang bisa mengecoh siap saja, baik tua atau muda, lelaki atau perempuan, pintar atau kurang pintar.

Penciptaan skenario penipuan lewat telepon makin kreatif. Tak hanya memakai cerita-cerita klise, yang sudah sering dipakai, seperti ‘anaknya masuk penjara’, ‘mama kecelakaan’ atau ‘hadiah nomplok menunggu untuk diberikan’. Skenario terbaru membuat orang atau korban yang menerima telepon jatuh dalam perangkap. Setelah korban tak berkutik, para penipu segera mengeksekusi rencana mereka.

Namun tetap saja penipuan lewat telepon bisa dipatahkan. Selalu ada ‘rantai yang hilang’ dari pembicaraan teleponnya. Wajar karena tak tahu benar kondisi korban yang sesungguhnya. Penipu hanya bermain tebak-tebakan atau probabilitas bahwa korban mungkin punya 1) kartu atm yang ada uangnya, 2) seakan-akan penipu kenal dengan korban atau 3) ketika ditanya balik biasanya menjawabnya lama dan ragu-ragu yang menandakan penelepon hanya pura-pura tahu.

Oleh karena itu bila tak yakin benar dengan pembicaraan telepon yang terjadi, segera tutup teleponnya. Tak perlu sungkan-sungkan. Tidak apa-apa bila ada saudara, keluarga, teman, teman kantor atau siapapun marah kepada kita karena teleponnya ditutup tiba-tiba. Ketimbang akhirnya hanya mengiyakan dan berhasil ditipu.

Penipuan lewat telepon memang marak karena makin banyak orang yang menggunakan telepon selular. Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun sudah membawa dan mengoperasikan ponsel; dan banyak yang tak paham benar untuk menggunakannya dengan bijak.

Asalkan tenang dalam menerima pembicaraan telepon dan tetap menggunakan akal sehat, penerima telepon memiliki peluang lebih besar untuk menghindar dari penipuan lewat telepon.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s