Setiap Rumah Punya Kisah

Tak hanya insan manusia yang memiliki cerita dalam kehidupannya di dunia ini. Rumah juga punya kisahnya sendiri.

Ada rumah yang memiliki kisah yang bahagia. Pun ada yang sebaliknya yaitu dirundung duka. Namun biasanya setiap rumah punya pasang surutnya. Kadang bahagia dan di waktu lain bisa jadi mendung menyelimuti.

Kisah masing-masing rumah berawal bukan dari saat bangunannya sudah berdiri dengan tegak. Kisahnya justru berawal dari gambaran yang ada sebelumnya. Baik dalam bentuk corat-coret mandor yang mendapat kepercayaan tuan rumah untuk membangunnya atau cetak biru yang digambar dengan rapi dan presisi oleh arsitektur.

Apakah kisah sebuah rumah berakhir setelah rumah dikosongkan dan dirubuhkan suatu hari nanti? Tak selalu seperti itu. Bisa jadi rumah yang sudah tak ada lagi bangunan fisiknya masih diingat oleh mereka yang pernah menghuni rumah itu. Apalagi kalau ada yang sempat mengabadikannya dalam bentuk potret atau gambar bergerak. Rumah tersebut masih ‘hidup’ dalam potongan memori.

Tapi laiknya bayi, ada rumah-rumah yang tak pernah ‘terlahirkan’. Pemiliknya urung menyelesaikan rumah karena kehabisan dana sehingga rumah setengah jadi dibiarkan terbengkalai. Developer terlanjur bangkrut dan masuk penjara ketika rumah-rumah yang sudah terbeli baru dimulai dibangun. Bahkan ada rumah yang roboh saat pembangunan karena dibangun asal-asalan oleh tukang bangunan yang ceroboh.

Namun ada rumah yang ‘mekar dan membesar’. Bangunan rumahnya pertama-tama masih kecil. Saat pemiliknya memilki rejeki yang lebih besar, bagian-bagian rumahnya pun ditambah. Baik secara horisontal maupun vertikal. Begitu ada peningkatan ekonomi, rumahnya didekorasi sehingga tampil lebih cantik. Malahan ada cerita tentang rumah yang ‘memakan’ rumah-rumah di sampingnya untuk pelebaran rumah.

Omong-omong tentang kisah sebuah rumah tak terlepas dari cerita manusia dan makhluk hidup yang menempatinya. Termasuk juga makhluk yang tak kasat mata yang diyakini juga turut tinggal bersama.

Ada banyak kisah tentang rumah. Atau lebih tepatnya lagi kisah dari banyak rumah. Saya jadi ingin menuliskan kisah beberapa rumah di blog ini. Tak sabar untuk menceritakannya di sini.

Setiap rumah punya kisah.

Bagaimana dengan rumah yang sedang Anda tempati saat ini? Pasti juga memiliki kisahnya tersendiri. Semoga kisah rumah yang bahagia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s