5 Paragraf dan 500 Kata

Saya menggunakan blog ini sebagai tempat melakukan eksperimen menulis. Wahana pembelajaran untuk saya pribadi.

Dulu pernah saya memakai pendekatan untuk menulis sebuah postingan dengan aturan ‘5 paragraf’. Tujuan yang ingin dicapai adalah menulis dengan singkat dan jelas; tanpa menjadi terlalu panjang sehingga membuat proses membacanya menjadi suatu ‘siksaan’ tersendiri. Lagipula siapa yang akan betah membacanya bila artikelnya panjang-panjang.

Pun ada saat di mana saya suka menuliskan postingan yang pendek. Sangat pendek malah. Tak perlu sampai lima paragraf. Sesekali satu atau dua paragraf. Mungkin ditambahi sematan video dari YouTube atau gambar .jpg yang saya rasa menarik.

Namun akhir-akhir ini saya menantang diri saya sendiri untuk menuliskan artikel yang minimal mencapai ‘500 kata’. Seperti apa yang disarankan oleh para penulis-penulis modern bahwa melatih menuangkan kata hingga 500 kata bisa membuat kemampuan menulis menjadi lebih produktif. Dengan takaran 500 kata, tentu harus ada informasi atau nuansa kata yang harus ditambahkan pada suatu postingan. Tentu di saat yang sama harus tetap menjaga supaya tulisan tetap mengalir dengan baik antar paragraf dari awal hingga akhir.

Dan memang ada beda antara menulis dengan pendekatan 5 paragraf dengan 500 kata. Bisa juga kalau mau menggabungkan keduanya. Yaitu postingan dengan 500 kata yang dibagi dalam 5 paragraf. Hanya saja 1 paragraf yang memiliki 100 kata sepertinya cukup panjang. Lebih sedikit jumlah kata dalam sebuah paragraf tentu lebih manusiawi dan lebih mudah untuk dibaca.

Eksperimental menulis tentu tetap saya lakukan. Mungkin suatu saat nanti, saya akan menggunakan pendekatan yang lain lagi.

Kita lihat saja nanti…

Tinggalkan Balasan

