Terminal B Bandara Adisucipto

Baru sekali saya mengunjungi Terminal B di Bandara Adisucipto. Terminal ini memang baru. Baru saja diresmikan dan dioperasikan.

Terminal B diperuntukkan bagi penerbangan internasional. Sedangkan Terminal A — yang dulu hanya disebut sebagai terminal karena hanya ada satu terminal — melayani penerbangan domestik.

Sebelum sampai di Terminal B tersebut saya penasaran akan seperti apakah terminal baru tersebut. Saat sudah mencapai terminal yang berada di sebelah Barat dari terminal yang lama, saya langsung mengagumi terminal tersebut.

Kesan yang saya dapatkan adalah rapi dan bersih. Bisa jadi karena terminal tersebut baru diresmikan sehingga belum kotor. Tapi itu tak penting. Yang penting saat ini terminal tersebut kondisinya enak dipandang. Berbeda dengan Terminal A yang kesannya kumuh, tak teratur dan kotor.

Dulu saya selalu berpikir bahwa Terminal A tak lebih baik dibandingkan dengan stasiun kereta; meskipun masih lebih baik bila disandingkan dengan terminal bis kota.

Dengan Terminal B yang rapi dan bersih, wisatawan yang datang di Kota Yogyakarta bisa mendapatkan kesan positif bahwa kota ini memiliki bandara yang berbudaya. Wajar karena bandara merupakan pintu gerbang pertama para tamu dan penumpang asing dari luar negeri.

Desain Terminal B memang sistematis. Memudahkan penumpang untuk melakukan aktivitas perjalanan. Penataannya cukup memadai.

Terminal B memang tak akan pernah bisa menyaingi kualitas bandara-bandara internasional yang ada di kota metropolitan. Namun Terminal B bisa bersaing dengan kualitas bandara-bandara di kota yang berukuran sama dengan Yogyakarta.

Tentu terminal baru ini masih memerlukan beberapa perbaikan. Terminal ini akan jauh lebih baik bila memiliki tempat khusus untuk taksi sehingga penumpang bisa mendapatkan taksi dengan mudah. Tempat duduk juga harus ditambah sehingga tak banyak pengunjung yang duduk dan tidur-tiduran di lantai. Pun terminal ini akan menjadi lebih sejuk bila jumlah tanaman dan pohonnya ditambah sehingga bisa memberikan kesejukan; bukannya seperti sekarang di mana kesannya panas dan kering.

Boleh dibilang sebagai warga Yogya saya bangga dengan Terminal B di Bandara Adisucipto ini. Tapi lebih daripada itu, saya ingin sekali melakukan perjalanan dengan pesawat dari Terminal B dan kembali melanglang buana.

Terminal B memang bagus. Saya suka terminal yang baru ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s