Wiraswasta

Siapa bilang di Indonesia tidak banyak orang yang memiliki jiwa wiraswasta? Itu tidak benar. Buktinya di sekeliling kita, ada saja yang memulai usaha. Ada yang berhasil. Ada yang gagal. Ada juga yang masih di garis batas perjuangan.

Contohnya kemarin. Ada mas-mas yang masih tergolong muda. Dia bercerita bahwa dia membuka warung milkshake di beberapa tempat. Pas pertama buka berhasil. Buka di tempat lain, sayangnya gagal. Namun dia tak berhenti berjuang. Selain itu, mas-mas tadi masih giat mencari uang dengan memberikan layanan pengolahan gabah tiap kali ada gabah. Pun di rumah, istrinya giat belajar membuat tahu berbumbu yang dititipjualkan di banyak warung.

Selain itu, di dekat rumah saya ada rumah makan baru. Modalnya cukup besar dan kelihatannya ditanggung beberapa orang anggota keluarga atau rekan-rekannya sekaigus; yang kelihatannya lumayan mapan secara keuangan. Mungkin sudah keluar uang seratus juta untuk membangun rumah makan, menyewa tanah dan melengkapi peralatan masak. Belum lagi keluar biaya untuk menggaji karyawan dan bahan makanan. Hingga satu bulan pertama rumah makan masih sepi tapi tetap tak menyerah.

Dua ilustrasi tadi hanya secuil dari jiwa wiraswasta yang dimiliki oleh warga Indonesia. Tak melulu semua orang ingin bekerja di perusahaan swasta atau menjadi pegawai negeri.

Menjadi pengusaha, baik skala kecil atau besar, biasanya merupakan pilihan. Tak mudah dijalani. Banyak tantangannya. Kemungkinan rugi dan gagal pun cukup besar.

Tentu ada juga orang-orang yang ’terpaksa’ menjadi wiraswasta karena kondisi ekonomi atau tidak bisa terserap oleh lapangan pekerjaan.

Tak peduli bahwa seseorang menjadi wiraswasta karena pilihan atau terpaksa, langkah mereka patut diacungi jempol.

Sejarah membuktikan bahwa negara atau bangsa yang memiliki prosentase tinggi akan penduduk yang berwiraswasta jelas meningkatkan produktivitas suatu wilayah tersebut. Implikasinya positif yaitu pergerakan ekonomi yang lebih dinamis. Kemakmuran pun menjadi terdistribusikan secara lebih merata.

Salut untuk mereka yang melangkah menjadi seorang pengusaha. Mereka yang berusaha untuk mensejahterakan dirinya dan orang lain dengan aktivitas wiraswasta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s