Semangat Orang Muda

Benar kata pepatah. Orang muda itu semangatnya masih tinggi.

Tentu tak berarti bahwa setiap orang yang memiliki usia belia memiliki semangat tinggi. Banyak juga yang loyo tanpa harapan.

Bagaimana dengan orang yang sudah tak lagi muda? Semangatnya masih tinggi?

Tergantung orangnya. Sebagian besar orang yang berumur biasanya semangatnya turun. Tak lagi bergejolak dan berapi-api seperti ketika mereka masih muda.

Hanya segelintir saja orang berumur yang semangatnya sama besarnya seperti orang muda. Bahkan ada yang makin tua usianya justru semangatnya mengalahkan mereka-mereka yang jauh lebih muda.

Kembali ke semangat orang muda, banyak orang berumur yang semangatnya kembali meningkat ketika banyak mengenal dan dikelilingi oleh orang-orang muda.

Begitu pula sebaliknya. Orang muda yang kurang semangat bisa tertular semangat orang berumur yang memiliki semangat tinggi.

Artinya semangat itu menular. Berkumpul dengan orang-orang bersemangat tinggi membuat seseorang menjadi ikut-ikutan semangat. Tak jarang orang-orang yang memiliki semangat saling menguatkan semangat orang lain.

Oleh karena itu saya salut terhadap orang-orang muda yang semangatnya luar biasa. Begitu juga dengan mereka yang umurnya tak lagi muda tapi rajin menyemangati yang jauh lebih muda.

Semangat itu menular. Semakin banyak yang semangat, makin tersemangati dalam menapaki hidup ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s