7 Aplikasi Untuk Menulis

Salah satu aktivitas yang paling sering saya lakukan ketika membuka laptop adalah menulis. Menulis di laptop berarti membuka aplikasi untuk menulis. Jenis tulisan yang berbeda-beda membuat saya menggunakan beberapa aplikasi menulis yang sesuai dengan keperluan masing-masing.

Ada 7 aplikasi berbeda yang saya gunakan untuk menulis. Ada aplikasi yang jarang dipakai karena memang ditujukan untuk tulisan yang serius. Begitu juga ada aplikasi ringan yang saya pakai untuk sekedar corat-coret. Ketujuh aplikasi tersebut merupakan aplikasi yang dapat diunduh dan dipasang di OS X El Capitan, sistem operasi terbaru dari Apple.

Tujuh aplikasi tersebut, urut secara abjad, adalah Apple Notes, Apple Pages, DeskPM, Evernote, nvALT, Simplenote dan Typora. Hanya Apple Pages dan DeskPM yang merupakan aplikasi berbayar. Sedangkan aplikasi-aplikasi lainnya gratis.

Semua aplikasi tersebut saya pilih karena bisa diandalkan. Cukup sering saya mengunduh dan memasang aneka ragam aplikasi-aplikasi menulis. Namun hanya sedikit yang menurut saya pantas dan nyaman untuk dipakai. Tentu ada satu dua aplikasi menulis yang menurut saya sangat bagus tapi sayang tidak memakainya karena harganya yang kelewat mahal.

Mari kita bahas apa saja peruntukkan dan kelebihan dari tujuh aplikasi menulis tersebut.

Simplenote

Simplenote merupakan aplikasi menulis yang dirilis oleh Automattic, perusahaan yang mengelola WordPress dan beberapa layanan Internet. Simplenote tersedia secara gratis. Aplikasi ini mudah digunakan dan ringan. Fitur yang menarik yaitu sinkronisasi berkas teks dari aplikasi Simplenote di OS X, iOS dan versi web. Saya memakainya untuk salah satu proyek pribadi saya karena fitur pencariannya yang handal sehingga berkas yang saya temukan bisa ditemukan dengan cepat.

Apple Notes

Aplikasi menulis bawaan dari Apple ini memang handal. Gratis pula. Semua berkas yang dituliskan di aplikasi ini bisa tersinkronisasi di aplikasi yang ada di OS X, iOS dan versi web. Saya menggunakannya untuk menuliskan informasi pribadi yang penting. Sayangnya Apple Notes memiliki antar muka yang kurang bersahabat sehingga kurang nyaman untuk digunakan sebagai alat untuk menulis artikel berukuran sedang atau panjang.

Evernote

Saya rasa aplikasi Evernote ini merupakan aplikasi di mana saya merasa suka sekaligus kecewa di waktu yang sama. Evernote memang enak digunakan untuk menulis dan menyimpan banyak tulisan dan informasi. Sayangnya dulu pernah saya kecewa karena Evernote sering tidak tersinkronisasi dengan baik, aplikasinya berjalan lambat dan antar mukanya kurang bersahabat. Oleh karena itu, Evernote hanya saya gunakan sebagai tempat cadangan tulisan. Selain itu, salah satu kelebihan Evernote adalah kemampuannya untuk menyimpan tulisan di komputasi awan sehingga pas untuk cadangan data.

nvALT

Aplikasi ini sesuai untuk corat-coret. Sederhana antar mukanya. Bisa dibuka dan ditutup dengan cepat. Fitur penyimpanan berkasnya sederhana. Ada fitur yang membuat berkas-berkasnya bisa disimpan melalui layanan Simplenote. Namun di saat yang sama berkasnya otomatis akan disimpan di laptop tanpa harus repot-repot menekan tombol Simpan sama sekali. nvALT saya gunakan sebagai alat yang praktis untuk menulis catatan pendek, blogging dan menuliskan beragam ide. Biasanya berkas-berkas ini saya hapus bila sudah saya gunakan atau tak lagi diperlukan.

Typora

Aplikasi ini masih dalam versi Beta namun sudah nyaman digunakan. Berkas yang dihasilkan akan berupa .md yang berukuran kecil. Typora cocok digunakan untuk menulis tulisan berukuran sedang dan panjang karena aplikasi ini memfokuskan pada antar muka yang minimalis sehingga penggunanya bisa fokus menulis tanpa direpotkan oleh berbagai tombol dan fitur. Saya memilih menggunakan Typora untuk menulis jurnal harian sekaligus membuat buku.

DeskPM

Untuk blogging. Itulah fungsi utama dari aplikasi ini. Dengan DeskPM saya tak perlu membuka dan masuk WordPress melalui browser internet. DeskPM sudah terhubung dengan API WordPress sehingga saya cukup menuliskan artikel dan menekan tombol Publish untuk mengunggah tulisan tersebut ke laman blog saya. Harga aplikasi ini pantas untuk ditebus karena memang handal untuk keperluan blogging dan internet publishing.

Apple Pages

Untuk penggunaan tulis-menulis yang serius. Mirip dengan Microsoft Words, Apple Pages memang cukup berat karena fiturnya yang lengkap dan memadai. Aplikasi ini hanya saya gunakan untuk keperluan tulis-menulis yang menuntut tata letak yang profesional dan dokumen yang perlu dicetak.

Tujuh aplikasi di atas sungguh membantu saya untuk menulis dengan lebih cepat dan lebih baik. Bisa jadi bila nanti saya menemukan aplikasi yang lebih mumpuni untuk menulis, tentu akan saya unduh dan coba. Jika memang handal, tentu akan saya gunakan. Untuk saat ini, 7 aplikasi sudah saya rasa cukup.

Sebenarnya ada satu aplikasi menulis yang tadinya sangat saya sukai yaitu Letterspace. Namun entah mengapa. Setelah ada versi berbayarnya, aplikasi versi gratisnya sering tidak bisa dibuka dengan sempurna. Oleh karena itu dengan berat hati saya membongkar Letterspace. Apa boleh buat ketimbang selalu merasa jengkel karena aplikasinya menjadi kurang bisa diandalkan.

Bila Anda menggunakan OS X El Capitan, silakan menggunakan salah satu atau dua dari aplikasi rekomendasi saya. Semoga bisa membantu kegiatan tulis-menulis Anda sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

