Provinsi Madura

Banyak orang tak tahu bahwa ternyata Pulau Madura menjadi bagian dari Provinsi Jawa Timur sejak dulu. Di lain sisi tak ada yang pernah mendengar tentang Provinsi Madura karena hal itu memang tak pernah ada. Berbeda dengan Provinsi Bali yang melingkupi seluruh Pulau Dewata tersebut.

Baru malam ini saya ngeh bahwa ada wacana untuk menciptakan provinsi baru yaitu Provinsi Madura gara-gara membaca surat kabar online. Menciptakan provinsi baru berarti melakukan proses pemekaran. Membagi satu wilayah sebuah provinsi menjadi dua atau lebih babian; yang mana provinsi semula mengecil wilayahnya.

Tentu saja menciptakan provinsi baru tak semudah angan-angan banyak orang yang menginginkannya. Provinsi baru membutuhkan perangkat negara dalam urusan politik dan administratif. Belum lagi harus ada penelitian yang menyeluruh apakah wilayah tersebut mampu menghidupi dirinya sendiri sebagai sebuah provinsi.

Di samping itu ada kepentingan-kepentingan terselubung yang bisa jadi diuntungkan dari adanya sebuah provinsi baru. Wajar karena sebuah provinsi baru berarti ada pihak-pihak yang diberikan ijin khusus dalam melakukan pengelolaan terhadap sumber daya alam dan sumber daya manusia. Ditambah dengan adanya manajemen keuangan yang didapat dari sektor pajak dan perdagangan di daerah tersebut. Singkatnya, ada semacam bagi-bagi kekuasaan yang riskan untuk dikorupsi dan disalahgunakan.

Entahlah. Ada wacana untuk menjadikan Pulau Madura sebagai sebuah provinsi baru. Provinsi Madura. Apakah pemekaran tersebut mampu menyejahterakan masyarakat Madura? Tak ada yang bisa menjaminnya. Semoga saja masyarakat Madura mampu memilah dan memilih keputusan pemekaran sebagai sesuatu yang positif ketimbang hanya berdasarkan emosi dan rasa memiliki yang bisa memberikan keputusan yang bias.

Provinsi Madura? Hmm. Apapun yang terjadi, wacana tersebut cukup menarik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s