The East is Red

Film Mandarin dengan judul The East is Red, yang memiliki judul lain Swordsman III Revival of Asia the Invincible, merupakan salah satu film jadul yang dulu menjadi favorit saya. Waktu di mana pada saat itu saya memang benar-benar menyukai film-film Mandarin.

Ceritanya datang dengan plot yang sederhana. Dibintangi oleh Brigitte Lin dan Joey Wang; yang juga menjadi aktris-aktris favorit di jaman itu. Tentu ada duel kungfu yang jelas tak nyata tapi enak dilihat.

Sedangkan penggambaran kisahnya disampaikan dengan adegan-adegan bombastis yang campur-aduk. Tak masuk akal tapi boleh dibilang kreatif. Mana ada di era kerajaan Ming namun ada kapal selam dari Kerajaan Jepang, datangnya kapal dari Spanyol dan semuanya bisa bermanuver dengan luar biasa. Tanpa menghiraukan gaya gravitasi, hukum Archimedes dan hukum alam.

Singkat kata film ini jelas-jelas tidak masuk akal. Gado-gado. Heboh. Dan uniknya saya tetap suka. Mungkin gara-gara aktrisnya. Sajian pertarungan kungfu. Dan kreativitas mencampurkan kerajaan-kerajaan yang berbeda-beda sebagai latar belakang.

Baru saja saya menontonnya di youTube. Masih menarik dengan tingkat jadulnya yang bikin tertawa. Menghibur. Film seperti ini bukan termasuk film klasik. Namun entah kenapa tetap asyik dilihat lagi setelah lama tak menontonnya. Sejenis nostalgia masa lalu.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s