Minuman Maut

Bukan hanya kopi bersianida saja yang sanggup mengambil nyawa orang yang meminumnya. Ada minuman-minuman lainnya yang tak kalah menakutkan dan membawa maut.

Miras Oplosan

Minuman keras (miras) oplosan juga sanggup mengantarkan peminumnya ke liang kubur. Berbagai sumber berita sebutkan belasan muda-mudi meninggal dunia dan puluhan lainnya sedang dirawat di rumah sakit di Yogyakarta karena menenggak minuman berbahan Ethanol yang diracik asal-asalan. Hal yang paling disayangkan adalah korbannya yang kebanyakan mahasiswa dan mahasiswi yang sedang menempuh bangku kuliah. Meninggal di usia muda hanya karena kebiasaan minum-minum miras oplosan yang tak jelas campurannya. Apa boleh buat. Nekat bikin jalan hidup jadi lebih singkat.

Minuman Bergula 

Wajar kalau minum teh atau kopi dengan tambahan gula. Namun ada takaran normal asupan gula. Melebihi normal, kadar gula yang tinggi di dalam tubuh bisa merusak tubuh. Terutama bagian pankreas yang berhubungan dengan produksi Insulin. Meski tak serta-merta membunuh dalam hitungan menit atau jam, kelebihan asupan gula secara terus-menerus bisa mengakibatkan seseorang menderita penyakit gula atau diabetes. Dalam hitungan tahun, orang yang semula sehat bisa menjadi sakit-sakitan karena kadar insulin yang tak normal di dalam tubuh. Pasalnya banyak orang tua dan orang muda yang tak peduli dengan minuman yang mereka minum setiap harinya. Entah itu teh atau kopi dengan kadar gula tinggi. Atau minuman kemasan yang memang mengandung konsentrasi gula tinggi.

Minum Air Kotor

Siapa sih yang mau minum air kotor? Pasti tak ada yang mau. Tapi jangan salah mengira. Karena keterbatasan dan keterpaksaan, banyak orang yang mau tak mau meminum air yang tak lagi bersih. Seperti masyarakat yang tinggal di bantaran kali. Warga yang hidup di dekat pabrik yang mencemari lingkungan sekitar. Orang-orang yang berpuluh-tahun hidup di wilayah yang airnya mengandung kadar kapur yang tinggi. Banyak dari orang-orang ini meminum air yang tak lagi bersih karena tak mampu membeli air kemasan atau air galonan yang tergolong bersih. Apa daya bila dalam waktu belasan atau puluhan tahun, tubuh orang-orang yang meminum air tak sehat ini lambat-laun akan menurun vitalitasnya. Timbul berbagai macam penyakit akibat kualitas air yang tak baik.

Baru tiga jenis minuman di atas yang saya tulis di atas yang bisa merugikan manusia yang meminumnya; selain minuman yang beracun. Mungkin ada minuman-minuman lain yang bisa jadi berpotensi untuk merusak dan membunuh peminumnya.

Minum adalah aktivitas yang sepertinya sepele. Sederhana dan mudah. Namun bila tak hati-hati, salah minum bisa berakibat fatal. Nyawa jadi taruhannya.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s