Tahun Monyet Api 2016

Tahun baru Imlek 2567 yang dirayakan pada Senin 8 Februari 2016 ini merupakan Tahun Monyet Api.

Coba perhatikan lampion dan aneka hiasan dekorasi Imlek di jalanan, klenteng atau pusat perbelanjaan. Simbol monyet berwarna merah mendominasi. Gayanya jenaka. Lincah. Biasanya juga ditemani dengan gambar buah-buahan yang disukai oleh Si Monyet.

Karakter yang menonjol dari Monyet Api adalah sifatnya yang ambisius dan berjiwa petualangan. Tapi monyet ini juga bikin orang lain jengkel.

Lalu bagaimana menyikapi datangnya Tahun Monyet Api di tahun 2016 ini?

Karir Naik, Rejeki Melimpah

Orang-orang yang biasanya adem ayem dalam soal pekerjaan dan usaha bisa dapatkan asupan kekuatan dari monyet yang enerjik ini. Ingat bahwa Si Monyet Api memang ambisius sehingga mempengaruhi mereka yang ingin naik pangkat dan meningkatkan pendapatan.

Namun bukan berarti duduk-duduk santai. Orang yang ingin karirnya naik, rejekinya melimpah harus mau bekerja lebih keras dan cerdas dari tahun sebelumnya.

Banyak Gerak Bikin Sehat

Laiknya monyet, tahun ini tepat untuk mereka yang mager alias males gerak. Orang yang workaholik dan duduk berjam-jam untuk lembur. Anak-anak muda yang terpaku dengan layar ponselnya pagi, siang, malam. Ibu-ibu yang duduk manis menonton aneka sinetron yang tak kunjung tamat.

Monyet yang memang bawaannya suka bergerak dan dinamis mengajak kita semua untuk lebih sering melakukan aktivitas fisik. Tahun ini pas untuk rajin ke fitness center. Mencoba Yoga, Pilates atau Zumba. Bisa mulai aktif ikut klub badminton, futsal atau golf. Jogging juga bisa. Kalau ingin lebih menarik, coba main-main ke pantai lebih sering untuk diving atau snorkling. Ingin yang lebih menantang bisa naik gunung.

Jaga Mulut, Ingat Kelakuan

Shio Monyet memang terkenal sebagai shio yang paling nakal dan sering bikin jengkel shio-shio lainnya. Maklum karena Si Monyet kalau bicara memang blak-blakan. Kalau sudah curhat memang tak tanggung-tanggung. Kalau mendebat juga tak pandang bulu apalagi kalau sudah menyoal kepentingan Si Monyet sendiri. Alhasil Si Monyet sering bikin ilfil banyak orang di sekitarnya, terutama mereka yang suka baper atau bawa perasaan.

Oleh karena itu di tahun Monyet Api ini semua orang harus jaga mulut supaya tak menyinggung orang lain. Kelakuan juga harus diperhatikan supaya tidak menjadi cibiran orang lain dan mempermalukan diri sendiri. Selalu ingatkan diri sendiri dan orang lain supaya menjaga perkataan dan perbuatan selama tahun ini supaya terhindar dari masalah.

Siapa yang untung dan buntung di tahun ini?

Sebenarnya orang bisa beruntung dan buntung tergantung dari pikiran dan perbuatannya sendiri. Namun tak dipungkiri Si Monyet Api ini mempengaruhi beberapa shio.

Monyet memang punya sobat dekat yaitu Kerbau dan Kelinci. Orang-orang yang memiliki shio Kerbau dan Kelinci diuntungkan oleh datangnya Si Monyet selama periode tahun ini.

Berbeda 360 derajat dengan mereka yang bershio Macan dan Babi. Kurang beruntung karena sifat dan kelakuan mereka bertentangan dengan karakter Monyet. Apa boleh buat? Yang perlu diperbuat adalah lebih sering mawas diri sehingga bisa jaga diri, rawat kesehatan dan tetap berusaha sebaik-baiknya.

Untuk yang bershio Monyet sendiri tentu mendapat ketidakberuntungan. Sudah aturannya bahwa orang dengan shio yang sama (semisal Shio Monyet) dengan shio pada tahun tersebut (seperti Tahun Monyet) akan kurang beruntung.

Namun tak perlu cemas karena justru tahun ini tahun yang pas bagi orang-orang bershio Monyet untuk mengenali diri mereka lebih baik. Banyak berdoa, banyak meditasi. Juga berbuat kebaikan. Selain mengurangi kenakalan dan sifat-sifat yang bikin ilfil orang lain. Tapi kalau lupa diri dan berbuat seenak hati, bisa jadi para shio Monyet mendapatkan banyak masalah dan peruntungannya menurun drastis.

Sebagai catatan kecil, mereka yang bershio Monyet bisa sering-sering pakai baju merah untuk tolak bala. Entah itu takhayul atau sekedar tradisi. Lucunya kalau ada teman atau keluarga yang terlalu sering pakai baju merah selama Tahun Monyet, bisa jadi shionya memang Monyet. Unik, ya?

Terus apa lagi yang bisa dilakukan di tahun ini?

Dalam jangka pendek, bagi mereka yang suka kue keranjang dan penganan olahan babi bisa memborong dua makanan yang dijamin bakal diobral dan didiskon setelah perayaan Imlek berakhir. Tapi ingat jangan kebanyakan karena bisa bikin sakit gigi dan kadar kolesterol naik.

Dalam jangka panjang, selama tahun Monyet Api ini hendaknya kita jaga mulut dan perilaku. Ditambah dengan semangat tinggi untuk kerja cerdas dan kerja keras sehingga rejeki melimpah dan karir meningkat. Kemudian jangan lupa untuk sering-sering berolahraga dan melakukan aktivitas sehingga tetap sehat dan hidup penuh semangat.

Terus apa lagi?

Tak ada. Jalani saja tahun ini dengan penuh semangat. Percaya pada Tuhan yang mencintai makhluk ciptaan-Nya. Bersyukur karena beroleh menikmati tahun baru. Manusia berkehendak tapi tetap saja semuanya sudah diatur oleh Sang Pencipta. Tak perlu cemas dengan berbagai macam prediksi dan kalkulasi peruntungan berdasar shio karena itu hanya pola dan panduan.

Terima kasih karena sudah membaca ‘penerawangan’ amatir yang saya ringkas dari China Highlights yang mengupas dengan gamblang karakter dan peruntungan di Tahun Monyet Api yang bermula dari tanggal 8 Februari 2016 dan berakhir pada 27 Januari 2017. Bisa jadi interpretasi saya kurang akurat dan salah karena memang bukan ahlinya. Namun semoga tetap bermanfaat.

Selamat Tahun Baru Imlek 2567. Selamat Datang Si Monyet Api. Gong Xi Fa Cai. Semoga di tahun ini kita semua tambah Sejahtera dan makin Bahagia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s