Kombinasi Bisnis

Apakah Anda sering melihat dua atau tiga jenis usaha di satu toko? Bila ya berarti toko tersebut melakukan apa yang disebut sebagai kombinasi bisnis.

Sebut saja toko kelontong yang juga melayani isi pulsa dan pembayaran listrik bagi warga sekitar. Pembeli bisa melakukan dua transaksi sekaligus yaitu membeli barang dan membayar listrik.

Begitu juga dengan warung makan yang menyediakan barang-barang sembako seperti beras dan gula. Pelanggannya bisa membeli sembako setelah kenyang makan di warung makan tersebut.

Tapi tak banyak yang bisa melakukan dua usaha sekaligus. Alasannya beragam. Terlalu sibuk mengurus satu jenis usaha. Tak cakap mengelola dua jenis usaha di saat yang sama. Takut bila satu jenis usaha akan membuat kerugian bagi jenis usaha satunya.

Padahal dengan adanya kombinasi bisnis, suatu tempat usaha bisa melayani beberapa kebutuhan sekaligus. Dan pada akhirnya akan mendapatkan transaksi yang lebih sering dengan volume yang lebih besar secara gabungan. Hasilnya adalah profit yang lebih besar.

Kombinasi bisnis bisa digolongkan sebagai diversifikasi usaha. Dua atau lebih jenis usaha saling mendukung satu sama lain. Coba lihat apa yang terjadi dengan warung makan yang menjual sembako. Bila warung makannya kebetulan sepi, bisa jadi jualan sembakonya pas ramai. Dengan begitu, secara keseluruhan stabilitas usahanya bisa lebih stabil dibandingkan bila warung makan tersebut tak melayani penjualan sembako.

Tentu jangan sampai kombinasi bisnis merugikan satu sama lainnya. Aneh misalnya bila membuka warung sate sembari jualan bensin eceran. Sangat berbahaya tentunya. Begitu juga dengan apotek yang menyediakan obat-obatan sekaligus menjual beragam rokok.

Kira-kira apa kombinasi bisnis yang bisa dilakukan di satu tempat usaha yang sama? Apakah Anda punya ide?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s