Reuni dan Masa Lalu

Acara reuni identik dengan menilik kembali masa lalu. Teman-teman yang dulu sama-sama mengarungi pasang-surut dan berbagai momen baik dalam suka maupun duka. Entah itu sama-sama teman seangkatan kala di sekolah dasar, sahabat satu fakultas di bangku kuliah, rekan kerja sekantor atau teman-teman yang bertemu karena kesamaan hobi atau lokasi.

Namanya reuni tentu tak bisa mengelak dari kegiatan mengingat-ingat memori di waktu lampau. Sebagian besar momen jelas sudah tak akan mampu diingat kembali karena sudah terlalu lama rentang waktunya. Namun tetap saja ada segelintir kenangan yang masih membekas. Biasanya yang menimbulkan rasa bahagia atau justru sebaliknya yang membuat perasaan sedih kala itu.

Beberapa kejadian umum terjadi kala kumpul-kumpul reuni. Menguak rahasia lama yang akhirnya terbuka setelah belasan atau puluhan tahun. Memahami sesuatu yang terjadi di masa lalu setelah mendengar penuturan rekan-rekan yang lain. Bahkan ada pula yang cinta lama bersemi kembali. Selebihnya tentu makan-makan dan bersenda-gurau. Banyolan lawas pun asal relevan masih lucu. Pun dengan nama-nama akrab yang terdengar konyol dan lucu.

Sayangnya kumpul-kumpul seperti ini ramai yang datang pada awal-awalnya. Bertemu pertama kali setelah sekian lama tak bersua menjadi terasa istimewa. Namun lama-lama bisa membosankan karena akhirnya topik pembicaraannya lebih kurang sama. Bisa ditebak. Dan menjadi kurang menarik akhirnya. Lalu pertemuan kumpul-kumpul menjadi basa-basi dengan jumlah orang yang datang menjadi lebih sedikit.

Hanya sedikit acara reuni yang akhirnya bisa ‘move on’. Tak hanya berhenti pada jaman dulu. Justru menjadi pemicu untuk bersama lagi menjalin persahabatan dengan konteks yang baru. Ide bisnis bersama. Saling belajar hal-hal baru. Mengikuti hobi yang sama. Bertukar pikiran. Bahkan hingga membentuk paguyuban dan komunitas baru berdasarkan kerekatan reuni yang ada.

Reuni memang identik dengan masa lalu. Namun reuni bisa menjadi acara yang menarik ketika bisa mempererat tali persahabatan di masa kini dan merajut asa bersama di masa depan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s