Harga Rokok Naik Drastis

Rumor mengatakan bahwa bulan depan harga rokok di tanah air akan dinaikkan secara drastis. Tujuannya, konon, pemerintah ingin mengeruk lebih banyak penghasilan dari cukai rokok sekaligus adanya peningkatan harga rokok akan membuat jumlah perokok menurun drastis.

Kira-kira apakah pemerintah akan sukses mencapai dua tujuan tersebut?

Entahlah. Saya setuju-setuju saja harga rokok naik. Saya tidak suka ada orang merokok di sekitar atau di dekat saya. Kasihan bahwa uang ‘dibakar’ untuk sesuatu yang tak berguna dan justru bisa merusak tubuh. Makin sedikit orang merokok tentu lebih bagus.

Pertanyaan menyeruak. Bagaimana dengan nasib para petani tembakau dan buruh rokok? Bila pabrik rokok bangkrut tentu nasib petani dan buruh rokok akan memburuk. Mungkin ada benarnya tapi masak kita lebih tega melihat sekian juta masyarakat di tanah air ‘bunuh diri’ pelan-pelan dengan menghisap asap rokok sekaligus racun-racun di dalam rokok. Belum lagi akan ada banyak anak-anak kecil generasi masa depan yang menjadi tak sehat karena ikut-ikutan menghisap asap rokok dari orangtuanya.

Ada segelintir orang yang mungkin malah berusaha mengambil kesempatan dari rumor naiknya harga rokok. Yaitu memborong rokok-rokok dengan harga sekarang kemudian dijual kembali saat harganya sudah naik gratis. Semacam spekulan. Boleh-boleh saja.

Dan disamping itu ada sekian banyak perokok yang tak sudi aturan untuk menaikkan harga rokok tersebut. Dengan alasan yang tak logis — tak ada hubungannya dengan kesehatan — mereka ingin harga rokok tak naik. Ya, biar saja. Mungkin bagi para perokok berat, mereka lebih senang bila harga sembako naik ketimbang harga rokok yang naik. Nah, lho?

Semoga harga rokok naik drastis. Semoga saja harga sembako dan bahan bakar minyak menurun. Dengan begitu roda perekonomian melaju kencang dan makin banyak warga yang berhenti merokok.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s