Medali Emas untuk Bangsa

Hebat untuk kedua pebulutangkis Indonesia yang sudah sumbangkan medali emas di Olimpiade 2016 untuk bangsa ini. Apalagi momennya pas sekali dengan perayaan kemerdekaan NKRI ke-71. Timing-nya sangat pas.

Medali emas merupakan salah satu barometer bagi suatu bangsa untuk menunjukkan kemampuan untuk berkompetisi di tingkat internasional.

Tapi belum saatnya berpuas diri. Perjalanan bangsa untuk mendukung atlet-atletnya masih panjang. Terbukti hanya dua cabang olahraga, hingga hari ini, yang mampu membanggakan bangsa. Cabang lainnya masih belum cukup baik bertanding di level dunia.

Banyak juga negara-negara lainnya yang sangat minim atau bahkan tanpa perolehan medali. Berbagai kendala membuat mereka tak mampu bersaing di kancah global. Korupsi yang menjamur di badan-badan olahraga, pelatihan atlet muda yang seadanya, kondisi peering, atau hancurnya perekonomian.

Namun atlet yang benar-benar jago dan berdedikasi tinggi yang mampu menembus batas. Keterbatasan tak menjadi salangaan namun lecutan untuk menjadi lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s