Zika

Mulanya virus Zika hanya ditemukan dan menyebar di Brazil. Banyak orang yang khawatir bila virus — yang menimbulkan akibat yang gawat pada ibu hamil dan bayinya ini — menyebar ke luar Brazil.

Apalagi saat virus Zika dipublikasikan pertama kali, ada perhelatan besar yang diadakan di Brazil yaitu Olimpiade Musim Panas 2016. Ada begitu banyak atlet, pendukung dan penonton yang datang ke Brazil dari seluruh dunia. Bilamana ada yang tertular virus Zika ini, bisa jadi akan disebarkan ke banyak penjuru dunia.

Selain itu virus ini tak memperlihatkan gejala yang langsung bisa dikenali oleh tenaga medis; baik yang terlatih atau pun yang tak terlatih. Bila sudah tertular, tak langsung terlihat parah atau meninggal di tempat. Justru ini yang membuat penularannya makin susah dicegah.

Tindakan yang nyata untuk mengurangi atau memusnahkan virus ini adalah dengan cara mengurangi populasi nyamuk yang bisa membantu penyebaran virus ini. Begitu pula dengan menyiapkan para tenaga medis di bagian imigrasi dan rumah sakit untuk melakukan tindakan yang harus dilakukan untuk merawat penderita virus Zika ini.

Yang paling ditakutkan dari virus Zika ini adalah penyebarannya yang pesat di negara tropis. Pasalnya lingkungan sekitar yang hangat membuat nyamuk-nyamuk berkembang-biak dengan sangat cepat. Makin banyak nyamuk di suatu area yang terjangkit virus Zika, makin susah pula mencegah orang-orang untuk tidak tertular virus ini. Di samping itu, populasi di negara-negara tropis memiliki jumlah yang besar dan hidup di area dengan tingkat densitas yang tinggi. Penyebaran penyakit apapun menjadi lebih cepat.

Lalu apa yang bisa diharapkan dengan virus Zika ini? Untuk saat ini hanya bisa berharap supaya ada obat yang bisa menyembuhkan penyakit yang ditimbulkan oleh virus ini.

Masih ingat wabah SARS beberapa tahun yang lalu di Hong Kong dan RRC? Ada kepanikan karena penularan yang pesat dalam waktu singkat. Nyatanya segera ditemukan obatnya. Kemudian rantai penyebarannya berhasil dihentikan.

Semoga apa yang terjadi dengan virus Zika ini segera teratasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s