Kursi Gubernur DKI Jakarta

Siapa kiranya yang akan duduk di kursi gubernur DKI Jakarta periode berikutnya? Tak ada yang tahu untuk saat ini.

Yang ada hanyalah prediksi berdasar kalkulasi statistik — baik dari badan yang serius hingga yang abal-abal — yang sekiranya dapat menjadi perhitungan politik. Selain itu ada pemikiran dan kritisi para pakar atau yang mendadak menjadi pakar. Belum lagi kalau menyertakan para pembuat isu yang sejatinya dipakai untuk meningkatkan tingkat elektabilitas pasangan cagub/cawagub tertentu sekaligus menjelekkan pamor pasangan-pasangan lainnya.

Masyarakat luas umumnya hanya mengerti sebatas tiga pasangan yang mengikuti kontes menjadi orang nomor satu dan dua di ibukota. Ahok-Djarot yang menjadi petahana saat ini. Agus-Sylvina yang didukung oleh Klan Cikeas. Dan Anies-Sandi yang maju dengan restu Prabowo.

Sebagian besar rupanya sepakat bahwa Sang Petahana akan tetap menjadi gubernur dan wakil gubernur. Melanjutkan program yang sudah berjalan dengan baik.

Namun tak semua setuju. Pasalnya banyak yang menilai bahwa SBY mampu memoles citra Agus dan Sylvina menjadi kandidat baru yang relatif bersih dan oleh karenanya diminati oleh pemilih muda. Hanya sayangnya keduanya relatif tidak sepopuler dua pasangan yang lainnya.

Begitu pula para pemilih dan pendukung Prabowo — yang jelas-jelas mengusung Sandi — tetapi harus menjadikan Anies sebagai calon gubernur karena memiliki reputasi yang lebih harum dan diminati orang karena suntan berbicara. Tanpa Anies, Sandi hanya menjadi boneka penggembira yang secara statistik tak akan mengungguli nama Ahok atau Agus sekalipun.

Mari kita lihat siapa yang nantinya akan menjadi pemenang. Masih banyak problematika yang akan dihadapi oleh gubernur dan wakil gubernur terpilih nanti. Semoga yang terpilih adalah yang memiliki kemampuan yang linuwih dan memang ingin bekerja untuk kesejahteraan warga DKI Jakarta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s