Aplikasi Berguna untuk macOS

Aplikasi yang berguna memberikan produktivitas bekerja yang lebih baik. Banyak aplikasi berbayar dan gratis yang kualitasnya sangat baik yang tersedia untuk komputer atau laptop yang memakai sistem operasi macOS.

Berikut aplikasi-aplikasi untuk macOS yang saya pakai untuk bekerja sehari-hari.

Menulis

Apple Pages untuk menyunting dan mencetak dokumen. Aplikasi ini sudah tersedia bersama pembelian unit komputer atau laptop Apple. Dokumen di aplikasi ini sudah otomatis disimpan di iCloud.

Simplenote untuk menulis catatan singkat cepat. Segala yang dituliskan di Simplenote segera terbarui saat itu juga di aplikasi Simplenote di iPhone dan Android.

Quip untuk membuat draft, mendokumentasikan perencanaan, menuliskan jurnal harian. Fitur yang sangat berguna adalah kemampuan membagi akses dokumen secara online dengan pengguna Quip lainnya.

Bear untuk menulis tulisan-tulisan ringan. Terus terang saya suka desain aplikasi ini. Dulu sebelumnya saya memakai Letterspace. Sayangnya Letterspace sempat berbayar dan sistem penyimpanan dokumennya membingungkan.

nvALT untuk corat-coret dengan cepat. Desainnya sangat sederhana sehingga ringan dibuka, digunakan dan ditutup. nvALT memiliki fitur penyimpanan yang terintegrasi ke Simplenote. Namun tidak saya sinkronisasikan karena memang ingin memakai nvAlt sebagai media corat-coret yang kurang penting.

Beberapa aplikasi yang lumayan bagus tapi sayangnya tak lagi saya pakai adalah Evernote dan Typora. Fungsi dan kelebihan mereka sudah tergantikan oleh beberapa aplikasi menulis di atas.

Blogging

WordPress untuk memperbarui, menyunting dan melakukan pengaturan beberapa blog yang berjalan di situs WordPress.

deskPM dulunya sering saya pakai untuk blogging sebelum adanya aplikasi WordPress untuk macOS. Kadang-kadang saya pakai karena memang bagus dan rugi kalau tak dipakai.

Sedangkan blogo sudah tak saya pakai karena fiturnya terbatas, kurang cocok dengan antarmuka yang kurang ramah, dan aplikasi WordPress dan deskPM sudah memiliki fitur yang lengkap.

Foto

photoScape X untuk menyunting foto. Aplikasinya ringan, mudah digunakan dan gratis.

Untuk melihat-lihat foto untuk saat ini saya langsung menggunakan Finder. Sebelumnya saya memakai Apple iPhoto (yang akhirnya sudah diakhiri masa hidupnya oleh Apple), Apple Photos (yang membuat laptop berjalan pelan dan menghabiskan banyak ruang penyimpanan), dan Google Picassa (yang dulu berguna tapi sepertinya tak lagi dikembangkan secara aktif oleh Google).

Mail

Spark Mail karena antarmukanya bagus, bekerja dengan baik dan lancar untuk dipakai.

Sparrow yang meskipun sudah tidak dikembangkan lagi tapi masih bisa digunakan dengan baik.

Untuk saat ini saya masih mempertimbangkan apakah Polymail 2 dan Canary Mail cukup bagus untuk dipakai sebagai klien email sehari-hari.

Dulu ada Mailbox (yang dibeli oleh Dropbox) dan Nylas yang lumayan bagus sebagai klien email gratis. Namun dua klien email di atas menggantikan kedua aplikasi ini. Sedangkan untuk Apple Mail, aplikasi bawaan macOS, saya merasa masih belum nyaman menggunakannya. Kurang intuitif dan fiturnya terbatas. Lagipula saat ini secara reguler saya masih membuka email dari browser di macOS dan aplikasi klien email di iPhone dan Android.

Komunikasi

WhatsApp untuk macOS memudahkan chat dengan banyak orang di laptop.

Telegram untuk chat dan membagi dokumen dan tautan internet.

Twitter untuk membagikan tautan berguna dan menarik yang saya temukan ketika menjelajahi internet.

Skype untuk perbincangan dalam konteks pekerjaan.

Aplikasi Lainnya

Untuk menjelajah internet saya paling suka menggunakan Opera yang memiliki fitur VPN dan Block Ads. Sedangkan untuk bekerja, Chrome masih menjadi standar karena berbagai layanan internet kompatibel dengan Chrome. Safari saya pakai sesekali bila perlu mengakses iCloud versi web; yang bisa bekerja dengan baik di Safari.

Wunderlist untuk menuliskan todo list.

Apple Calendar untuk melihat tanggal dan informasi tentang hari libur dan ulang tahun.

AppCleaner untuk membuang secara sempurna aplikasi yang tak lagi berguna.

Selain aplikasi-aplikasi yang sudah saya sebutkan tadi, ada beberapa aplikasi yang saya pasang dan pakai saat ada keperluan. Namun karena jarang-jarang dipakai maka tak saya sebutkan. Selain itu ada beberapa aplikasi yang menggelitik saya untuk mencobanya dan saya buang bila ternyata kurang berguna atau kualitasnya tak bagus.

Semoga informasi mengenai aplikasi untuk macOS ini berguna bagi Anda yang juga menggunakan macOS. Tentu saja kebutuhan masing-masing orang berbeda. Paling tidak Anda bisa mencoba beberapa aplikasi yang siapa tahu cocok dengan kebutuhan Anda dan membantu meningkatkan produktivitas sehari-hari.

Bila seyogyanya Anda memiliki usulan aplikasi yang berguna dan belum saya ketahui atau gunakan, silakan berbaik hati untuk menuliskannya di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

