Hampir Satu Dekade Bertahan

Mungkin judul tulisan kali ini agak bombastis melankolis. Namun memang itu rasa yang saya dapatkan ketika kembali menekan tombol Power di MacBook warna putih jadul yang sudah sangat jarang saya pakai.

Laptop putih itu saya beli di bulan Juni tahun 2007. Bila dihitung mundur berarti komputer portabel besutan Apple ini sudah berumur 9,5 tahun. Hampir satu dekade. Sepuluh tahun adalah waktu yang cukup lama untuk sebuah komputer.

Ternyata begitu nyala, fungsinya masih berjalan dengan baik. Sistem operasinya maksimal memakai Lion OSX. Beberapa aplikasi untuk Mac sudah tak lagi bisa dipasang. Sayang memang. Mau apa lagi. Kualitas pengeras suaranya sudah cempreng. Baterai sudah tak bisa bertahan lama.

Hanya saja saya masih menemukan aplikasi-aplikasi lamanya masih berjalan dengan baik. Minimal Safari dan iTunes. Begitu juga Mail. Bisa untuk browsing, mendengarkan lantunan lagu, dan membuka email.

Hebatnya lagi ternyata papan kunci atau keyboard masih bekerja dengan sangat baik. Berdebu memang tapi sudah saya bersihkan dengan tisu. Bersih kembali. Dan masih tetap lancar untuk dipakai untuk mengetik. Tidak rusak. Masih sempurna.

Singkat kata, meski sudah renta, MacBook putih yang dulunya jadi produk primadona di tahun 2007 masih bisa berjalan dengan baik. Tak bisa diajak berlari. Tak apa-apa. Namun performa masih boleh diadu dengan laptop-laptop low entry yang berbasiskan sistem operasi Windows XP dan Windows 7; yang usianya masih terbilang muda dua hingga empat tahun.

Laptop ini masih bandel. Masih hidup. Tak menyerah meski harus fighting. Masih kuat bertahan dalam usianya yang hampir satu dekade. Salut. Keputusan yang tepat untuk tak melego atau memberikan laptop ini ke tangan orang lain. Masih bisa untuk menyimpan data-data berupa dokumen dan foto.

Hampir satu dekade bertahan…

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s