Space Oddity

Space Oddity adalah salah satu lagu David Bowie yang populer. Film besutan Stanley Kubrick berjudul 2001: A Space Oddysey menjadi inspirasi dari lagu ini. Kebetulan saat itu Apollo 11 meluncur lima hari kemudian; dengan misi pendaratan pertama manusia ke Bulan.

Terdapat tokoh bernama Major Tom dalam lagu ini. Lirik lagu ini menggambarkan komunikasi terakhir antara Major Tom dan Ground Control – pusat kontrol di Bumi. Dari lirik tersebut, Major Tom akhirnya kehilangan kontak dengan Bumi. Hilang entah di mana. Mengambang dalam kegelapan angkasa yang tak berujung. Major Tom hanya bisa melihat planet biru dari kejauhan; yang tak lagi akan didaratinya.

Siapakah Major Tom ini? Orang yang nyata? Ternyata tidak. Dalam versi David Bowie, Major Tom adalah orang yang tercabut dari masyarakat, sendirian dalam kebimbangan. Terombang-ambing tanpa kepastian. Hilang. Namun tetap ada. Sedih, kan?

Lagu Space Oddity ini kemudian digubah liriknya oleh Chris Hadfield – astronot Kanada – yang sebelum menyelesaikan masa tugasnya di International Space Station sempat menyanyikannya dengan gitar di orbit Bumi. Keren! Popularitas lagu tersebut di tahun 2013 yang membuat saya pertama kali mendengar tentang lagu ini.

Begitu mendengar lagu Space Oddity, saya berkaca-kaca. Tersentuh. Saya bisa merasakan seperti apa perasaan Major Tom ketika pesawat antariksanya tak bisa kembali ke Bumi dan hilang di kegelapan angkasa luas.

Saat itu, tahun 2013, bukan tahun yang mudah bagi saya. Tidak jelas nasibnya. Berada di perantauan, berharap mendapatkan pekerjaan, visa bekerja sudah tak lagi berlaku, dan tinggal di hostel. Bolak-balik Singapura dan Indonesia. Changi dan Adisucipto. Ada harapan. Ada asa. Namun jalan buntu. Perasaannya seperti berada di kapsul antariksa Major Tom, tidak jelas nasibnya. Tak benar-benar tahu apa yang harus saya lakukan. Hanya menjalani kehidupan yang serba terbatas. Selain itu ada satu dua hal yang memberatkan pikiran dan perasaan.

Namun kehidupan terus berjalan. Sudah lama tak lagi mendengar lagu yang bikin saya mellow. Hingga kemarin malam, saat menonton klip serial tv Westworld, lagu latar belakangnya memakai lagu instrumental Space Oddity.

Awalnya saya lupa ini lagu apa. Jelas lagu ini langsung terasa familiar. Tapi perlu waktu untuk menyadari lagu ini. Setelah mengulik Google, ingatlah saya, ini lagu yang pernah saya nyanyikan berulang-ulang di tahun 2013. Space Oddity.

Kebetulan pula saat itu, kondisi saya sedang mellow. Covid-19 memberikan dampak yang tak mengenakkan. Saya harus #dirumahsaja dalam Jaman Korona ini. Tentu supaya tak terinfeksi virus Korona baru yang belum ditemukan vaksinnya; pun bisa merenggut nyawa.Ada kekhawatiran. Ada rasa bosan. Pun seperti tak bisa melakukan apa pun. Hanya bisa di rumah saja. Mungkin seperti berada dalam kapsul antariksa Major Tom di tengah situasi tak menentu. Tak tahu kapan bisa hidup dengan normal seperti masa sebelum Covid-19 masuk ke Indonesia.

Entahlah. Semoga tak seperti nasib malang Major Tom yang tak jelas ujungnya. Begitu Covid-19 sudah teratasi, kehidupan kembali normal, saya ingin mewujudkan beberapa impian dan melakukan rencana-rencana yang sudah saya miliki.

Lagu Space Oddity ini memang salah satu lagu yang benar-benar memiliki arti mendalam bagi saya. Entah sudah berapa kali saya mendengarkan lagu ini sembari menulis postingan ini.

Ground Control to Major Tom
Ground Control to Major Tom
Take your protein pills and put your helmet on
Ground Control to Major Tom (ten, nine, eight, seven, six)
Commencing countdown, engines on (five, four, three)
Check ignition and may God’s love be with you (two, one, liftoff)

Dan entah kenapa juga, lagu ini punya satu hal unik, yaitu suara orang menghitung mundur. Sepuluh, sembilan, delapan…

Dan Liftoff

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s