Dataran Iberia

Saya dulu hanya berpikir tentang impian ke kota Barcelona. Negeri Katalan itu memang menarik. Arsitektur kotanya, budayanya, makanannya dan sedikit juga tentang klub sepak bolanya yang sering menang di Liga Spanyol.

Seiring waktu, membaca sejarah Eropa, mendapat cerita dari orang lain, dan menonton YouTube, saya jadi lebih tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang Dataran Iberia atau Semenanjung Iberia.

Ada Spanyol dan Portugal yang berbagi wilayah di Semenanjung Iberia itu. Kedua negara itu pernah menjadi kerajaan besar. Masing-masing memiliki daya jelajah yang tinggi dalam mengarungi samudera. Spanyol dan Portugal sama-sama punya wilayah koloni di berbagai penjuru dunia. Paling menonjol adalah jajahan mereka di Benua Amerika; terutama di Amerika Latin.

Portugal berhasil mendapatkan Brazil sebagai koloni mereka. Brazil yang wilayahnya sangat luas berbahasa Portugis. Sedangkan wilayah-wilayah lain di Amerika Latin dikuasai oleh Spanyol sehingga penggunaan bahasa Spanyol sangat lazim.

Dari mengulik informasi mengenai Portugal, saya menyadari bahwa Portugal memiliki kota-kota yang indah menawan. Tersebutlah Lisbon dan Porto. Lisbon merupakan ibukota Portugal. Porto adalah kota pelabuhan utama Portugal. Melihat foto-foto dan video tentang dua kota tersebut membuat saya jatuh cinta dan ingin mengunjungi dua kota tersebut.

Impian saya tak hanya ingin mengunjungi Barcelona. Saya juga ingin menambah Lisbon dan Porto sebagai destinasi wisata di Benua Biru.

Tertarik ingin tahu seperti apa sih tiga kota tersebut? Silakan menontonnya langsung di YouTube. Meski saat ini sedang pandemi dan finansial masih belum gagah, tentu boleh membangun impian untuk waktu yang indah di masa depan. Bermimpi itu gratis.

Barcelona

 

Lisbon

 

Porto

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s