Visual Studio Code

Keren judulnya. Serius amat. Tumben, kan? Kesannya techie banget.

Saya menulis tentang Visual Studio Code karena ingin berbagi informasi bermanfaat tentang aplikasi teks editor ini. Visual Studio Code atau disingkat VSC ini merupakan aplikasi dari Microsoft. Aplikasi ini diperuntukkan untuk mengetikkan barisan kode untuk pemrograman komputer. Aplikasi untuk membuat aplikasi. Canggih, kan?

Sebagai Teks Editor

Namun saya menggunakan VSC sebagai teks editor untuk menulis artikel. Lho, bisa ya? Tentu saja bisa. VSC bisa menyimpan suatu teks sebagai Plain Text alias berkas (file) berakhiran .txt – yang ukuran berkasnya sangat ringan.

Kenapa tidak menggunakan Microsoft Word saja?

Saya memiliki aplikasi Microsoft Word di laptop saya. Saya jarang menggunakannya untuk mengetik. Saya hanya memakai Word untuk keperluan olah teks saat ada keperluan resmi atau ada dokumen yang harus dicetak. Word terlalu pelan, berat dan kompleks untuk menulis dengan cepat. Word terlalu bertele-tele untuk menuliskan artikel yang sederhana. Saya suka aplikasi sederhana, ringan dan cepat untuk menulis. Menulis lebih cepat membuat proses menulis menjadi lebih menyenangkan. Lebih mengalir.

Apa kelebihan VSC?

VSC – meski memiliki fitur yang canggih – memiliki antarmuka yang ramah dan ramping. Sederhana. Pengguna bisa membuka aplikasinya dengan cepat, segera mengetik dengan leluasa, dan menutupnya dengan kilat. Alasannya karena VSC berbasis teks, tanpa terlalu banyak fitur tampil di antarmukanya seperti pada Word.

Masih ingat dengan WordStar 4?

Beberapa dari Anda mungkin pernah mengalami jaman ketika harus mengetik menggunakan aplikasi – yang dulu lebih sering disebut sebagai program – WordStar 4. Tampilannya ringan. Semuanya berbasis teks. Semua perintahnya bisa dioperasikan dengan papan kunci (keyboard). Tak perlu tetikus (mouse). Meski tak kelihatan terlalu ramah bagi pengguna, WordStar 4 terbukti enak digunakan dan bagi pengguna yang sudah familiar, mengetik dengan WordStar 4 merupakan hal yang sederhana.

VSC dan WordStar 4

Saya berpikir bahwa VSC dan WordStar 4 merupakan alat yang tepat untuk mengetikkan dokumen berupa teks dengan cepat dan efisien. Pengguna bisa fokus dengan isi teksnya. Tak perlu disibukkan dengan pengaturan ukuran halaman, jenis font, dan proses penyuntingan yang tak lancar karena deretan kata bergerak dengan pelan.

WordStar 4 tentu tak lagi praktis digunakan karena sudah menjadi program komputer yang jadul dan ketinggalan jaman. VSC menjadi solusi bagi mereka yang suka menulis dengan kecepatan tinggi.

Bahkan bila suatu hari ingin belajar tentang pemrograman komputer, pengguna bisa memakai VSC untuk menuliskan barisan kode sesuai dengan bahasa pemrograman yang diminati. Phyton, PHP, atau JavaScript.

Sebenarnya dulu saya memakai VSC karena ingin belajar bahasa pemrograman. Mungkin Phyton. Namun otak sepertinya belum mampu. Apa boleh buat. Untuk saat ini saya sudah senang bisa memakai VSC untuk menuliskan berbaris-baris kata dan kalimat; yang disimpan sebagai Plain Text.

Untuk Anda yang berminat untuk menginstal VSC, Anda bisa mengunduhnya di situs resmi VSC. VSC bisa digunakan secara gratis; baik di sistem operasi MacOS atau Windows.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s