Ordnung Muss Sein

Sebuah ungkapan berbahasa Jerman menjadi gaya hidup orang-orang Jerman dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Ordnung muss sein.

Ungkapan tersebut dalam bahasa Inggris adalah ‘there must be order‘. Harus ada aturan. Aturan termasuk peraturan, larangan dan bagaimana sesuatu dilakukan dengan tujuan supaya teratur. Banyak orang dari berbagai negara selalu menganggap bahwa negara Jerman adalah negara yang warganya paling taat aturan.

Situasi yang berbeda 180 derajat adalah ‘chaos‘. Kacau tanpa aturan. Seperti gambaran di negeri India. Lalu-lintasnya menggambarkan apa yang terjadi dengan aturan yang tiada. Bila ada aturan, hampir tidak ada yang mau menaati aturan yang berlaku.

Artikel dari BBC – yang bertajuk What makes Germans so orderly? – memberi gambaran yang jelas tentang hidup penuh aturan di Jerman.

Lucunya orang Jerman tak pernah membicarakan tentang ‘sebaiknya orang menaati peraturan’ karena dari kecil mereka sudah terbiasa patuh pada aturan yang ada. Aturan di rumah, sekolah, tempat bekerja, tempat ibadah, dan di mana pun mereka berada.

Saat ada orang Jerman, orang lain banyak yang berpikir bahwa mereka orang yang selalu patuh pada aturan. Orang Jerman menekankan pada nilai seperti memenuhi kewajiban, tepat waktu, kerja keras dan kejujuran. Dengan kebiasaan seperti itu, orang lain menilai bahwa orang Jerman biasanya beres dalam bekerja. Yaitu bekerja secara efektif.

Bagaimana bila ada orang yang tak menuruti aturan yang ada? Waspadalah. Orang Jerman tak segan-segan menegur orang yang menyalahi aturan. Misalnya saat ada orang yang berbincang-bincang – meskipun lirih – di kereta yang ada tulisannya dilarang bicara. Bahkan mereka memiliki petugas patroli yang khusus untuk menangani pelanggaran-pelanggaran kecil di banyak tempat. Fungsinya yaitu membuat segalanya berjalan sesuai dengan peraturan yang ada.

Ordnung muss sein pula yang menyelamatkan sekian banyak orang Jerman dari ancaman kematian virus corona. Banyak orang Jerman yang reaktif saat menerima tes Covid-19. Namun mereka mau taat dengan instruksi pemerintah daerah dan pemerintah pusat mereka. Yaitu supaya #dirumahsaja dan #jagajarak.

Alhasil penyebaran virus corona bisa diminimalkan. Mereka yang terpapar virus, segera pergi ke rumah sakit. Mereka yang tidak terkena virus namun ada kemungkinan menjadi pembawa virus, patuh untuk tinggal di rumah sebagai upaya isolasi diri. Pun banyak pasien yang terkena Covid-19, menuruti perintah dokter sehingga banyak yang sembuh; selain kondisi kesehatan warganya yang jauh lebih baik daripada warga Eropa lainnya. Maklum di Jerman, orang-orang hidup disiplin; termasuk dalam menjaga sanitasi pribadi.

Kita di tanah air berharap semoga bisa meningkatkan kepatuhan kita pada aturan yang dibuat untuk kebaikan bersama. Bila makin banyak warga +62 yang mau #dirumahsaja dan #jagajarak, tentu penyebaran Covid-19 bisa diredam. Dengan begitu kondisi sosio-masyarakat memungkinkan untuk bekerja kembali seperti kondisi sebelum adanya penyebaran virus corona.

Ordnung muss sein.
Harus ada aturan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s