Sawang Sinawang

Hidupku tak perlu dibandingkan dengan hidupmu, hidup mereka, dan hidup siapapun juga. Begitulah pelajaran dari suatu ungkapan kuno ini. Sawang sinawang.

sawang sinawang

Mengapa tak perlu dibandingkan hidupnya dengan hidupmu? Tak boleh? Tentu boleh. Kita – disadari atau tidak – sering membandingkan hidup yang kita alami dengan orang lain.

Membandingkan hidup orang lain yang kurang beruntung atau berkekurangan dibanding kita sendiri, bisa jadi membuat kita jadi sombong. Merasa diri kita yang paling berharga. Orang lain kurang berharga.

Di sisi lain, saat kita terlalu berpikir orang lain memiliki ‘rumput yang lebih hijau’, kita jadi iri hati. Kok bisa sih dia itu punya rumah yang lebih besar daripada aku? Kenapa mobilnya bisa banyak begitu, ya, korupsi? Duh, hidupnya kenapa bahagia sekali dan aku tak pernah akan sebahagia dia.

Membandingkan ke bawah atau membandingkan ke atas memiliki efek yang sama. Tak menjadikan kita bahagia. Lagipula itu bukan hal yang perlu dilakukan karena tak akan relevan.

Pun hidup makin tak nyaman kala medsos memberikan ruang untuk membanding-bandingkan hidup kita dengan orang lainnya. Salah satunya adalah Facebook. Oleh sebab itu saya tak suka membuka medium yang digemari oleh banyak orang di dunia ini. Saya hanya membukanya bila perlu mencari dan mengontak orang yang saya perlukan. Tak lagi ingin ‘menjelajahi’ newsfeed yang tak ada batasnya karena memang secara algoritma newsfeed tersebut dibuat infinity – tak pernah habis dan berakhir.

Namun begitu, tentu boleh, bila kita sebagai insan manusia mendapatkan inspirasi dan strategi hidup dari orang lain. Dengan mempelajari pengalaman orang lain, kita bisa bertumbuh lebih cepat dan menapaki langkah yang benar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s