Sepedaan Pada Masa Pandemi

Saya heran saat melihat beberapa toko sepeda di suatu ruas jalan di Jogja yang laris manis. Ada begitu banyak orang yang membeli sepeda. Memangnya ada lomba sepeda? Atau memang lagi trend, ya? Atau diskon gede sepeda?

Di beberapa WhatsApp grup, ada diskusi tentang sepedaan di akhir minggu. Juga beberapa rencana orang yang ingin sepedaan bersama-sama. Bahkan ada yang memberi kabar beberapa jalur yang dipenuhi pesepeda; baik yang atlit atau anak-anak kecil. Duh!

Malam ini pun ada teman yang mengajak sepedaan bersama dengan beberapa teman. Yang saya jawab bahwa saya mau ikut tapi naik pit motor berhubung sepeda saya dalam kondisi tak prima dan tak memadai untuk pit-pitan yang agak jauh. Saya mau ikut sebagai back-up logistik dan sweeper bila ada yang kram atau mengalami kendala. Tentu ditambah lagi dengan rasa mager untuk genjot sepeda.

Satu pertanyaan muncul di benak saya.

Memangnya pandemi sudah selesai, ya?

Saya rasa pandemi masih berlangsung. Tanggap darurat masih diberlakukan. Tentunya si virus corona nakal masih mencari korban selanjutnya. Penyebaran Covid-19 masih terjadi, lho!

Berolahraga dengan sepeda memang asyik. Menyenangkan. Dengan asumsi bahwa jalanan masih sepi. Olahraga juga menyehatkan badan dan mental.

Namun melakukan giat olahraga – yang menguras tenaga – tentu membuat imun tubuh sedikit banyak menurun sesaat setelah melakukan aktivitas tersebut. Dan bahaya penularan Covid-19 yang belum ada obat sekaligus vaksinnya tetap masih ada. Benar ada kewajaran baru alias new normal. Tapi situasinya belumlah normal.

Olahraga sepedaan baik adanya. Namun tetap waspada. Corona virus masih ada di sekitar kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s