Soto dan Ramen

Ada kesamaannya. Sama-sama berkuah. Tentu rasanya berlainan. Soto isinya nasi, kuah dan bahan-bahan lainnya. Ramen mengandng mie, kuah dan bahan-bahan lainnya.

Soto adalah makanan asli dari Indonesia. Ramen sendiri sajian khas Jepang. Kedua makanan tersebut sama-sama enak bila disajikan panas-panas. Makin panas, makin bergairah makannya.

Soto dan Ramen memiliki kesamaan akan lokalitasnya.

Soto di Indonesia memiliki rasa khas berlainan di berbagai kota di Nusantara ini. Soto Lamongan. Soto Betawi. Soto Kudus. Dan soto-soto lainnya dari berbagai daerah. Konsepnya sama. Namun ada bahan-bahan yang berlainan. Ada soto yang memakai santan. Ada yang memakai koya. Ada juga yang memakai telur rebus. Belum lagi kuahnya yang berbeda-beda dan tentu disesuaikan dengan selera masing-masing daerah.

Setali tiga uang. Ramen di Indonesia ada yang khas Hokkaido, Hakata, dan daerah lainnya. Ada yang memakai jagung. Pun ada yang memakai lobak. Ada yang mengandung babi. Ada juga yang memakai daging sapi. Kuahnya juga memiliki tekstur dan rasa berlainan tergantung masing-masing daerah.

Soto dan Ramen menjadi kaya rasa karena ciri khas dari lokalitas makanan tersebut.

Saya suka mencoba rasa-rasa soto yang berlainan dari daerah yang berbeda. Pun dengan ramen. Dengan begitu soto tak pernah membosankan. Selalu ada citarasa yang beragam. Menjadikan acara makan menjadi lebih bergairah.

Namun begitu tetap saja ada soto dan ramen langganan. Untuk soto, saya selalu suka soto ayam Kadipiro Asli di Yogya. Untuk ramen, selalu teringat dengan rasa ramen Tampopo di Singapura.

Lucunya karena saya tak begitu familiar dengan ramen di Jepang, saya hanya ingat dengan satu momen ketika saya makan di Sumire Sapporo Honten di tengah dinginnya hawa malam hari kota Sapporo dan kesempatan sekali makan di Ichiran Dotombori yang terkenal lezat di kota Osaka.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s