Kepastian dan Komitmen

Jumat lalu saya bersama teman-teman komunitas bermeditasi bersama-sama via zoom. Unik. Namun yang lebih unik adalah pembicaraan setelah kelar meditasi. Sedikit meleset tentang hal-hal yang jauh hubungannya dengan meditasi. Bahkan sempat bercanda tentang hal yang serius. Yaitu, kepastian dan komitmen. Padahal sebenarnya hanya bercanda untuk sama-sama berkumpul di jam yang sama untuk melakukan meditasi dari rumah kami masing-masing.

Yes, sembari bercanda kami sedikit membahas kepastian dan komitmen.

Dua hal tersebut adalah hal penting dari sebuah hubungan manusia. Tak melulu hubungan antara perempuan dan lelaki, namun semua hubungan antar manusia dalam kehidupan ini.

Sayangnya, kepastian dan komitmen merupakan barang langka. Siapa sih yang tak ingin kepastian dalam hidup ini? Siapa juga yang tak ingin komitmen bersama? Hanya seringkali dalam hidup ini lebih banyak hal yang tak pasti dan lumayan banyak komitmen yang dicederai.

Saat mengembalikannya ke dalam konteks asmara, tentu susah untuk memberi kepastian karena ada begitu banyak hal yang berubah dalam hidup ini. Termasuk hati yang bisa berubah seraya waktu.

Pun komitmen itu berat. Mudah untuk menjanjikan ketika di awal saat semuanya manis. Namun tentu tak mudah setelah mengalami beragam tantangan dan hambatan. Komitmen menjadi terlalu berat untuk terus-menerus diwujudkan.

Saat ini justru lebih susah lagi untuk hidup dalam kepastian karena kondisi tak menentu terimbas corona virus. Tak ada yang menjamin tak tertular virus. Tak ada yang menjamin besok pekerjaan masih ada atau usaha masih berjalan. Komitmen yang sudah terlontar dibuat tentu menjadi beban tersendiri; apakah tetap memegang komitmen atau membatalkannya sesuai kondisi?

Kepastian dan komitmen adalah suatu hal yang berharga. Bersyukurlah bila sepasang manusia bisa saling memberi kepastian dan komitmen yang melampaui waktu hingga sang maut menjemput.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s