Nrimo Sing Salah

Sikap nrimo – menerima dengan ikhlas – yang dimiliki oleh orang Jawa memang sesuatu yang khas. Apapun kondisi yang terjadi, orang Jawa relatif bisa menerima hal tersebut dengan ikhlas.

Lalu juga ada istilah “nrimo ing pandum” yang dijelaskan pada sebuah artikel di Kompasiana.

Namun ada sikap “nrimo sing salah”. Menerima yang tak tepat.

Nrimo sing salah.

Sungguh saya tertohok saat mendengar pembahasan tentang “nrimo sing salah” pada akhir sesi meditasi.

Banyak orang Jawa – yang karena keras kepala atau tidak mau memperpanjang masalah – lantas asal-asalan “nrimo”. Cenderung ke arah “pasrah” alias “manut” – ikut saja. Terserah. Mau apa lagi.

Pada saat asal “nrimo” seperti itu maka yang terjadi adalah “mencoba menerima dengan rasa terpaksa”. Dengan begitu, sikap “nrimo” ini tak bisa lagi dikatakan sebagai “menerima yang ikhlas”. Sebab “nrimo” itu haruslah dengan kesadaran penuh dan keikhlasan hati yang tulus.

Nrimo” yang terpaksa akhirnya menjadikan seseorang pengecut. Tak berani menuntut haknya, mengemukakan pendapatnya, dan mungkin hanya bisa mengeluh di belakang. “Nrimo” yang lebih cenderung ke sikap kalah; atau lebih buruk lagi adalah terpaksa mengalah.

Ingat bahwa “nrimo” yang sejati bukanlah “sikap kalah”. Nrimo beda dengan kalah dan mengalah. Namun menyadari suatu kondisi dengan kesadaran pikiran dan perasaan. Menerimanya dengan ikhlas.

Sikap “nrimo” itu memang sulit untuk dipelajari dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun bila “nrimo” bisa diintegrasikan ke dalam pemikiran dan tindakan sehari-hari, tentu akan ada rasa damai tentram di dalam hati dan pikiran.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s