Talenta

Tiap insan manusia memiliki talenta. Sayangnya tidak semua manusia langsung menyadari apa talenta yang dimiliki. Ada yang menyadari talentanya lebih dini. Ada pula yang baru menyadarinya setelah belasan atau malahan puluhan tahun.

Memahami talenta yang seseorang miliki itu satu hal. Hal lainnya adalah kemampuan dan kemauan untuk mengembangkan talentanya. Bila abai dengan talentanya, tentu tak akan ada banyak gunanya. Menjadi suatu hal yang memiliki potensi tapi tak pernah bertumbuh. Tak beda dengan biji tumbuhan yang tak pernah mendapatkan kesempatan untuk mulai membesar.

Tentu ada juga orang-orang yang sungguh mencapai titik optimal karena memahami dan kemudian mengembangkannya dengan sabar dan penuh determinasi. Mereka biasanya menjadi ahli dalam bidang talentanya. Chef handal yang bisa memasak enak. Seniman yang menciptakan karya seni adikarya. Salesman hebat yang bisa sukses dalam penjualan. Atlet yang menjadi terbaik di kelasnya karena latihan bertahun-tahun.

Namun tak usah risau bila belum menemukan talenta apa yang ada dalam diri kita. Ada proses pencarian. Mungkin dengan melalui alur pendidikan formal. Berguru pada orang yang ahli. Melakukan perjalanan untuk memahami dirinya. Ada sekian banyak hal yang menjadi sarana memahami talenta.

Saya sendiri pernah menemukan apa yang menjadi talenta saya. Mengembangkannya hingga pada titik tertentu. Dan pada suatu belokan jalan kehidupan malah melupakannya. Kemudian pada tikungan kehidupan selanjutnya justru menemukannya kembali.

Menjadi pertanyaan besar bagi saya. Apa yang harus saya lakukan dengan talenta saya? Kita lihat apakah tahun ini – 2020 sebagai tahun yang penuh dengan tantangan – saya bisa mengembangkan dan memanfaatkan talenta saya untuk kehidupan yang lebih baik.

Let’s see…

Satu respons untuk “Talenta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s