Menyoal Ide

Mencari ide itu mudah. Ada begitu banyak ide yang bisa didapatkan dari mengobrol santai, menjelajahi internet, atau membaca buku.

Permasalahannya bukan tentang mencari ide. Namun bagaimana memilah suatu ide yang bagus dan masuk akal. Kemudian mengusahakannya menjadi kenyataan.

Proses dari sebuah ide menjadi sebuah realitas itu suatu tantangan tersendiri. Mereka yang bisa menjadikan sesuatu menjadi hal yang nyata pantas diganjar dengan penghargaan yang setinggi-tingginya.

Seperti masakan. Semua orang bisa punya ide. Semisal telur dadar paling lezat di dunia. Sayangnya hanya sebagian kecil orang yang bisa membuat telur dadar dengan rasa yang sangat enak. Lainnya hanya sekedar membayangkan. Ada juga yang bisa membuat telur dadar dengan rasa yang biasa-biasa saja.

Bagaimana dengan ide usaha? Tak perlu mencari inspirasi yang begitu muluk-muluk dan rumit. Lihat usaha yang sudah dijalankan teman, keluarga atau tetangga. Lihat apakah mereka cukup berhasil dengan usaha mereka.

Tiru saja. Pelajari. Syukur bila kita bisa memperbaiki beberapa aspek yang dirasa masih kurang sempurna. Dengan begitu, kita tak perlu susah-susah memikirkan ide bisnis. Lakukan saja yang biasanya orang kerjakan. Paling tidak bila kita menemui kesulitan, kita bisa tanyakan solusinya dari orang yang sudah mengalaminya.

Ide harus menjadi sesuatu yang nyata. BIla hanya sebatas wacana, lupakan saja. Ide itu tak ada gunanya bila hanya sampai dibicarakan dan dibayangkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s