Labor Omnia Vincit

Photo by Aleksey Kuprikov on Pexels.com

Ada sebuah ungkapan jaman dulu yang masih relevan hingga sekarang.

labor omnia vincit

Secara harafiah, labor omnia vincit bisa diartikan sebagai work conquers all.

Lebih jelasnya, seperti dalam kutipan di Wikipedia, anything can be achieved if proper work is applied. Apapan (bisa) terwujud dengan bekerja (keras).

Oleh karena itu bila kita punya cita-cita, ya kita harus mengupayakannya dengan bekerja. Tak bisa berharap semuanya terjadi dengan sendirinya dan Dewi Fortuna datang memberikannya tiba-tiba pada suatu hari.

Makin besar yang kita impikan, wajar saja bila harus diperjuangkan dengan lebih semangat. Slogan bekennya zaman now yaitu Kudu Bakoh!

Seperti kisah Jembatan Golden Gate yang menjadi legenda. Struktur bangunan penghubung antar kota yang melintasi selat untuk menyambungkan Teluk San Francisco ke Samudra Pasifik itu dianggap mustahil untuk dibangun. Tak mungkin bisa dengan teknologi di kala itu.

Namun fakta berkata lain. Jembatan cantik yang aslinya berwarna merah bata itu berdiri kokoh hingga sekarang. Jembatan itu salah satu jembatan paling terkenal di dunia.

Namun orang jarang membaca sejarah bagaimana jembatan itu terbangun. Perencanaan dan pekerjaan konstruksi jembatan itu makan waktu bertahun-tahun. Sebuah pembangunan kolosal yang melibatkan ribuan pekerja yang bekerja keras sepanjang hari. Pekerjaan dengan resiko tinggi karena angin kencang mendera setiap saat, arus yang kuat dan berombak di bawah, dan hawa dingin yang bertiup dari samudera nan luas.

Jembatan selesai dibangun.

Perwujudan dari ungkapan tua. Labor omnia vincit.

Dan apakah kita mau bekerja keras untuk mewujudkan cita-cita kita sendiri?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s