Mencari Solusi Bersama

Empat pekan saya mengikuti pelatihan WordPress melalui pembelajaran daring di SanberCode. Harus saya akui pelatihannya lumayan berat bagi orang yang kurang memiliki dasar teknis dalam bidang komputasi dan internet. Selama ini saya hanya pemakai aplikasi internet; bukan pelaku yang menciptakan layanan web.

Pelaksanaan pelatihan secara daring. Kombinasi antara self-learning dan guided-training. Pembelajar secara bertahap membaca materi tertulis dan penjelasan melalui video di YouTube. Kemudian pembelajar melakukan aktivitas sesuai instruksi yang tertulis. Pelatih akan memberikan dukungan yang sifatnya mengarahkan; bukan memanjakan pembelajar. Harus ada eksplorasi yang dilakukan oleh pembelajar. Bila sudah nabrak tembok, sesama peserta pelatihan bisa saling bertanya dan saling berbagi tips melalui Telegram sebagai sarana komunikasi utama antara pelatih dan para peserta pelatihan.

Saya salut bahwa ada sejumlah peserta pelatihan yang setelah bisa menyelesaikan tugas mereka berkenan memberikan tips kepada rekan lainnya. Saya pun otomatis tergerak untuk berbagi. Menjawab pertanyaan rekan yang sedang macet dalam pengerjaan tugas.

Satu orang bisa mengatasi permasalahan teknis. Namun butuh konsentrasi tinggi dan waktu yang banyak untuk eksplorasi. Dengan bekerja secara bersama-sama bisa mempercepat proses tanya jawab alias mendapatkan solusi dari permasalahan yang ada. Mirip komputer dengan prosesor kolektif bisa menyelesaikan komputasi dengan lebih cepat dan tepat.

Dengan adanya dukungan seperti ini antar peserta pelatihan, membuat langkah belajar menjadi lebih ringan. Bila sudah nabrak tembok karena memang ada satu dua hal teknis yang susah dipahami, peserta bisa berhenti dan menyerah. Namun dengan saling membantu, banyak masalah teknis yang terselesaikan dengan baik.

Tak semua peserta pelatihan mau berbagi. Namun tentu ikut menikmati tips dan jawaban yang ada. Tak apa-apa. Masing-masing orang punya prioritas dalam kegiatan belajar mereka.

Bagi yang mau berbagi, saya ucapkan terima kasih. Beberapa proses dalam tahap pembelajaran memang mustahil dilakukan tanpa berbagi tips. Bila pun bisa ditemukan, pasti butuh waktu yang cukup banyak. Padahal ada penugasan tiap hari, ada kuis, dan ada tugas akhir yang sangat rumit.

Dan itu baru menyoal problem solving dalam tugas pelatihan. Banyak masalah di dunia ini atau di sekitar kita bisa diselesaikan dengan lebih baik dan lebih cepat bila sekelompok orang mau dan mampu bekerja sama mencari solusinya.

Pelatihan WordPress dan ternyata saya juga mendapat sebuah pembelajaran. Bersama sekelompok orang yang mau berbagi tanya dan berbagi jawaban, kita bisa mendapatkan solusi.

Bersama kita bisa mendapatkan solusi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s