WordPress Hosting

Saya mengikuti suatu pelatihan membuat dan memodifikasi WordPress. Tugas akhirnya mengharuskan peserta pelatihan menggunggah laman web ke hosting dan bisa secara daring (online) diakses secara nyata.

Banyak peserta yang mengalami kegagalan menghidupkan laman web mereka. Termasuk saya. Layanan gratisan itu memang menyebalkan. Performanya minimal. Sering gagal. Tapi mau protes jelas tidak pada tempatnya. Namanya gratisan. Gratis gitu lho.

Setelah mencoba beberapa layanan hosting gratisan, saya menyerah. Ada saja kesulitannya. Saya mencoba mencari hosting berbayar. Murah namun yang penting tidak gratisan. Ada jaminan performa.

Saya mencoba membeli paket domain murah dan mendapatkan trial hosting WordPress gratis selama 30 hari dari Rumahweb. Membayar hanya sekira Rp. 13.000,-. Pembayarannya seru juga, pakai GoPay. Aktivasi cepat, customer care responsif, dan WordPress saya bisa daring dengan baik.

Ini bukan endorse. Ini bukan promosi. Hanya sebagai ide bahwa belajar web development harus menggunakan sarana yang tepat; yaitu yang berbayar. Tentu saya tak tahu bagaimana kualitas hosting Rumahweb karena saya hanya menggunakannya untuk web kecil guna keperluan tugas. Silakan mencoba sendiri saja.

Belajar tak harus murah. Namun juga tak perlu yang melulu gratisan. Berbayar bila perlu. Dengan begitu pembelajaran bisa berjalan maksimal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s