Prioritas

Ada begitu banyak urusan di dunia ini. Ada urusan mendesak. Ada yang penting. Ada yang mendesak dan penting. Pun ada begitu banyak urusan tak penting dan tak mendesak.

Uniknya tak semua manusia bisa memilah dan mengerjakan urusan yang penting terlebih dahulu. Lebih banyak insan manusia yang lebih suka mengerjakan hal tak penting di atas urusan lain yang penting dan mendesak.

Mungkin karena urusan ngga penting itu mengasyikkan, ringan dan mudah dilakukan.

Saya termasuk jenis orang yang suka mengerjakan hal-hal tak penting dan tak mendesak. Sedangkan urusan penting dan mendesak, saya tunda. Mager dan males. Hasilnya jelas terlihat. Banyak urusan di dunia ini tak selesai dikerjakan. Beberapa kadang terlupakan begitu saja.

Kemampuan memahami dan mengatur prioritas dalam kehidupan adalah hal penting yang harus diajarkan sedari kecil. Saya pikir saya melewatkan belajar mengenai prioritas.

Saya berharap bahwa orangtua dan sekolah bisa mengajarkan tentang prioritas kepada anak-anak sejak dini. Dengan begitu makin banyak manusia yang lebih produktif karena bisa mendahulukan urusan yang penting ketimbang mengurusi hal-hal ngga penting (yang kelihatan penting).

Kalau Anda membaca postingan tentang prioritas ini di waktu kerja atau di waktu produktif, berarti Anda belum bisa menempatkan prioritas hidup dengan baik. Beda dengan Anda yang membacanya saat waktu santai; kemungkinan besar Anda sudah menyelesaikan banyak pekerjaan dan urusan penting sebelumnya.

Lalu apakah postingan ini penting? Sebenarnya tidak penting. Hanya saya punya hobi mengerjakan sesuatu yang kurang penting di saat waktu produktif. Wkwkwk.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s