Akuaduk

Akuaduk adalah saluran air jaman Romawi. Fungsinya sederhana yaitu mengalirkan air untuk irigasi lahan pertanian, air minum, air mancur dan kebutuhan air lainnya.

Tak semudah sekarang, saluran air bisa dibuat dengan mudah. Dengan pipa air yang terbuat dari pipa PVC atau dari besi. Jaman dulu saluran air harus menyesuaikan dengan kontur tanah yang ada atau menggunakan teknik tertentu. Tak ada sejenis pompa air yang sanggup membuat air dari bawah naik ke atas.

Akuaduk sendiri tidak sama dengan irigasi lainnya yang dekat dengan tanah. Justru akuaduk sepintas seperti jembatan yang khusus untuk jalannya air.

Namun akuaduk dalam perjalanan waktunya tak hanya menjadi jembatan air. Perlahan sesuai dengan kemampuan teknis pembangunan, akuaduk bisa berfungsi sebagai kanal. Salah satunya adalah Akuaduk Pontcysyllte di Inggris.

Kreativitas orang-orang di sekitarnya membuat akuaduk tersebut menjadi destinasi wisata air. Wisatawan bisa berjalan kaki menyusuri jalan sepanjang aliran akuaduk. Wisatawan juga bisa naik semacam perahu kecil untuk menikmati pemandangan. Bisa juga naik kayak. Unik, kan?

Hebatnya akuaduk ini selesai dibangun tahun 1805 dan masih berdiri kokoh hingga saat ini. Kualitas bangunan lama memang tangguh dan tahan lama. Ditambah dengan usaha preservasi bangunan yang canggih. Dengan begitu bangunan kuno tetap berdiri tegak setelah sekian lama didirikan.

2 tanggapan untuk “Akuaduk”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s